UNS Gandeng Gojek, Dorong Kebangkitan UMKM

- 17 Agustus 2021, 05:52 WIB
UNKerja sama UMS dan Gojek umtul mendorong kebangkitan UMKM, Senin (16/8/2021)
UNKerja sama UMS dan Gojek umtul mendorong kebangkitan UMKM, Senin (16/8/2021) /Istimewa. /

KARANGANYARNEWS-Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta dan Gojek menandatangani nota kesepahaman bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, Senin (16/8/2021).

Dari kerjasama itu diharapkan mampu menciptakan inovasi untuk memberi dampak sosial bagi masyarakat dengan memanfaatkan solusi teknologi dan non teknologi yang dihadirkan Gojek, guna mendukung UMKM agat terus bangkit.

Rektor Universitas Sebelas Maret Prof Dr Jamal Wiwoho menyambut baik langkah kerja sama itu karena sejalan dengan upaya pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang sejalan dengan misi Gojek, terutama di masa pandemi.

"Gojek dengan ekosistemnya, lengkap untuk keberlangsungan pendapatan UKM dan solusi pembayaran nontunai, diharapkan mampu membantu merealisasikan Surakarta sebagai Kota cerdas, mengikuti perkembangan zaman di era digitalisasi," kata rektor.

Strategic Regional Head Gojek Central West Java, Anandita Danaatmadja menuturkan, situasi pandemi yang masih berlangsung memberikan tantangan besar bagi UMKM untuk bertahan. Sejak awal berdiri, mendorong kemajuan UMKM adalah misi utama Gojek, dan di masa penuh tantangan ini, Gojek terus berupaya merespon berbagai kebutuhan UMKM untuk beradaptasi dan bertumbuh.

"Kami memahami bahwa selain adopsi digital, UMKM memerlukan pendampingan sejak mulai bergabung hingga ketika telah berjualan online dalam bentuk edukasi dan pengembangan kapasitas untuk optimalisasi pertumbuhan usaha," tandasnya.

"Oleh karena itu, kami berkomitmen untuk terus menjadi mitra pertumbuhan terbaik bagi UMKM dengan menggandeng Universitas Sebelas Maret, kerjasama yang berangkat dari semangat #BangkitBersama Gojek untuk dukung UMKM Solo semakin tangguh,” tutur Anandita.

Ketahanan ekonomi selama pandemi COVID-19 di Kota Surakarta diharapkan mampu didukung oleh keberadaan ekosistem ekonomi digital yang dimiliki Gojek. Solusi teknologi dan non-teknologi yang ditawarkan platform digital Gojek membantu pelaku UMKM beradaptasi sehingga bisa bangkit di situasi pandemi COVID-19, dan membantu masyarakat untuk beradaptasi dengan kebiasaan baru.

Editor: Langgeng Widodo


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah