BLT El Nino Jawa Tengah 2023 Cair Lagi, Ini Cara Cek Penerima Bantuan Langsung Tunai Bulan November-Desember

- 21 November 2023, 14:05 WIB
BLT El Nino Jawa Tengah 2023 Cair Lagi, Ini Cara Cek Penerima Bantuan Langsung Tunai Bulan November-Desember
BLT El Nino Jawa Tengah 2023 Cair Lagi, Ini Cara Cek Penerima Bantuan Langsung Tunai Bulan November-Desember /Antara/Adeng Bustomi/

KARANGANYARNEWS - BLT El Nino Jawa Tengah 2023 Cair Lagi, Ini Cara Cek Penerima Bantuan Langsung Tunai Bulan November-Desember. Pemerintah Indonesia akan menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) El Nino sebesar Rp400.000 kepada 18,8 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) pada November-Desember 2023.

Hal ini dilakukan untuk menjaga daya beli masyarakat di tengah fenomena alam super El Nino yang dapat mengurangi curah hujan dan menyebabkan kekeringan di wilayah Indonesia.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjelaskan bahwa setiap penerima berhak atas bantuan total Rp400.000 atau Rp200.000 ribu setiap bulannya.

Bantuan tersebut disalurkan melalui Kementerian Sosial (Kemensos) dengan satu kali transfer.

Fenomena El Nino sendiri adalah pemanasan Suhu Muka Laut (SML) yang normalnya berlangsung di Samudera Pasifik bagian tengah dan dapat menyebabkan potensi pertumbuhan awan di Samudera Pasifik tengah serta mengurangi curah hujan di wilayah Indonesia.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menambahkan bahwa BLT El Nino diberikan kepada 18,8 juta KPM.

Menkeu Sri Mulyani juga menekankan bahwa pemerintah akan memastikan bahwa bantuan tersebut tepat sasaran dan tidak disalahgunakan.

Baca Juga: BLT El Nino November 2023: Ini Jadwal Bantuan Langsung Tunai Cair dan Cara Cek Daftar Penerima Bantuan

Dalam upaya untuk memastikan bahwa masyarakat yang membutuhkan mendapatkan bantuan tersebut, pemerintah akan memberikan cara cek daftar penerima BLT El Nino.

Halaman:

Editor: Andi Penowo


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x