Tato Mentawai yang Hits: Sejarah, Arti dan Fungsinya

- 4 Januari 2024, 16:05 WIB
Tato Mentawai yang hits: sejarah, arti dan fungsinya. Tato Mentawai merupakan salah satu warisan budaya dimiliki masyarakat adat Mentawai di Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatra Barat. (Foto ilustrasi: Pixabay/ilovetattoos)
Tato Mentawai yang hits: sejarah, arti dan fungsinya. Tato Mentawai merupakan salah satu warisan budaya dimiliki masyarakat adat Mentawai di Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatra Barat. (Foto ilustrasi: Pixabay/ilovetattoos) /

KARANGANYARNEWS - Tato Mentawai merupakan salah satu warisan budaya dimiliki masyarakat adat Mentawai di Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatra Barat.

Tato jenis ini merupakan seni rupa tradisional yang sudah ada sejak zaman prasejarah dan masih dilestarikan hingga kini.

Tato Mentawai memiliki banyak arti dan fungsi bagi masyarakat. Secara umum, tato jenis ini berfungsi sebagai simbol identitas suku, identitas pribadi, dan hiasan tubuh. Selain itu, tato Mentawai juga memiliki makna religius dan magis.

Baca Juga: 4 HP Gaming 2 Jutaan RAM 8GB Terbaik 2024, Lengkap dengan Spesifikasinya

Sejarah Tato Mentawai

Sejarah tato Mentawai diperkirakan sudah ada sejak zaman prasejarah dengan kedatangan bangsa Melayu proto di Indonesia antara 1500-500 SM. Awalnya, tato hanya digunakan kepala suku dan pemimpin adat.

Seiring berjalannya waktu, tato mulai digunakan masyarakat luas. Pada masa penjajahan Belanda, tato Mentawai dilarang.

Pasalnya, orang Belanda memandang tato sebagai sesuatu primitif dan tidak mencerminkan nilai-nilai modern. Kendati demikian, pelarangan itu tidak berhasil menghentikan tradisi tato Mentawai.

Pada 2016, tato Mentawai ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda nasional oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Halaman:

Editor: Andi Penowo

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x