Wally Funk Jadi yang Tertua Pergi Ke Luar Angkasa Bareng Jeff Besoz

- 22 Juli 2021, 08:35 WIB
Wally Funk menjadi orang tertua yang pergi ke luar angkasa bersama Jeff Bezos. (Foto: instagram @Guardian)
Wally Funk menjadi orang tertua yang pergi ke luar angkasa bersama Jeff Bezos. (Foto: instagram @Guardian) /

KARANGANYARNEWS, Beberapa orang mendambakan untuk bisa pergi ke luar angkasa. Ide tak biasa muncul dari orang terkaya di dunia Jefff Bezos yang ingin mengembangkan wisata luar angkasa.

Salah satu yang mewujudkan mimpinya untuk pergi ke luar angkasa adalah Wally Funk, wanita usia 82 tahun.

Ia meluncur ke luar angkasa bersama Bezos pada Selasa (20/7/2021) waktu setempat, dengan menumpang roket New Shepard buatan perusahaan luar angkasa Blue Origin milik Jeff Bezos.

Menurut laporan Guardian, Wally Funk pada 1960 sempat mendapatkan bagian dalam program Women in Space. Pada saat itu dirinya unggul dalam pelatihan ketat untuk astronaut wanita. Namun, nasib belum berpihak kepadanya sebab pelatihan itu kemudian tutup dan ia dialihkan menjadi pilot trailblaizing.

"Kesempatan lain datang 14 tahun kemudian ketika NASA membuka aplikasi astronaut yang mencakup wanita pada 1976. Funk ditetapkan sebanyak tiga kali, namun selalu ditolaknya," tulis Instagram Guardian.

Sewaktu Funk muda, ia sempat beberapa kali menolak tawaran pergi ke luar angkasa karena rasa kecewa. Kini Funk menjadi orang tertua di dunia yang berhasil pergi ke luar angkasa.

Funk seusai merasakan kekecewaan pada 1960-an akibat program yang diikutinya ditutup,  kemudian mengajar lebih dari 3000 penerbang.

Funk dikabarkan sangat antusias seusai penerbangan. Bahkan, dirinya sempat meminta cepat-cepat diterbangkan kembali ke luar angkasa.

Selain Wally Funk dan Jeff Bezos dalam roket yang  membawanya ke luar angkasa, terdapat pula saudara laki-laki bos Blue Origins, Mark (53) dan Oliver Daemen yang masih berusia 18 tahun.

Editor: Zening Demaringtyas


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x