Wayang Orang Sriwedari, Sejarah dan Eksistensinya yang Tak Lekang Zaman

- 10 Agustus 2023, 12:05 WIB
Wayang orang Sriwedari, sejarah dan eksistensinya yang tak lekang zaman. Pertunjukan ini sangat populer di kalangan masyarakat Kota Solo. (Foto: Dok. Istimewa/laras)
Wayang orang Sriwedari, sejarah dan eksistensinya yang tak lekang zaman. Pertunjukan ini sangat populer di kalangan masyarakat Kota Solo. (Foto: Dok. Istimewa/laras) /

KARANGANYARNEWS - Wayang Orang Sriwedari, Sejarah dan Eksistensinya yang Tak Lekang  Zaman. Wayang orang merupakan salah satu kesenian tradisional Jawa. Berbeda dengan wayang golek atau pun wayang kulit, pertunjukan wayang orang diperankan langsung para seniman dengan kostum dan riasan sedemikian rupa sehingga mirip tokoh-tokoh dalam pewayangan.

Kesenian wayang orang menggabungkan seni tari, musik gamelan, dan cerita-cerita epik dari mitologi Jawa.

Cerita yang dibawakan dalam pertunjukan wayang orang memuat kisah-kisah pewayangan dari Mahabharata maupun Ramayana. Sesekali, ditampilkan pula tokoh Punakawan untuk mencairkan cerita sebagai penggambaran kawulo alit alias rakyat jelata.

Baca Juga: Pesona Wisata Air Umbul Sigedang Klaten, Tawarkan Kesegaran dan Spot Foto Keren Instagramable

Di Kota Solo, pertunjukan wayang orang bisa disaksikan di Sriwedari.

Mengutip laman resmi Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta, seni pertunjukan wayang orang merupakan kreasi Kanjeng Pangeran Adipati Arya I dari Mangkunegaran pada 1757-1795. Adapun wayang orang Sriwedari dibentuk pada 10 Juli 1910.

Dalam laman resmi Pemkot Surakarta dijelaskan, kisah wayang orang Sriwedari berawal pada masa pemerintahan Sampeyan Ndalem Ingkang Sinuhun Kanjeng Susuhunan (SISKS) Paku Buwono X, raja Keraton Kasunanan Surakarta yang memerintah pada 1893-1939.

Pertunjukan wayang orang Sriwedari sangat populer di kalangan masyarakat Solo. Kesenian tradisional ini telah menjadi bagian penting dari budaya dan sejarah Kota Bengawan.

Halaman:

Editor: Andi Penowo

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x