Terpilih Jadi Ketua Kadin Karanganyar, Joko Sutrisno : Kita Tingkatkan Daya Saing UMKM

- 28 Agustus 2021, 20:14 WIB
Ketua Kadin Karanganyar Joko Sutrisno
Ketua Kadin Karanganyar Joko Sutrisno /Langgeng Widodo/

KARANGANYARNEWS-Joko Sutrisno bakal meningkatkan daya saing usaha mikro kecil menengah (UMKM) Karanganyar, usai terpilih sebagai ketua Kadin Karanganyar dalam Musyawarah Kabupaten (Mukab), Sabtu (28/8/2021).

"Nantinya, Kadin Karanganyar akan bergerak mengubah mindset pelaku usaha mikro, agar lebih terbuka jiwa entrepreneurship-nya. Tidak hanya sekadar laku, tapi harus maju dan berkembang," kata Joko Sutrisno kepada para wartawan, usai Muskab.

Apa yang dicita-citakan Joko sangat beralasan. Lebih dari dua tahun memimpin ICSB (International Council for Small Business), sebuah asosiasi UMKM internasional, Joko dinilai sangat berhasil memajukan UMKM di bumi intanpari.

Contohnya, ICSB berhasil menggolkan kebijakan pemasaran produk UMKM di sejumlah pasar modern. "Sekarang di posisi Ketua Kadin Karanganyar, jangkauannya tentu bisa lebih luas. Demi kemajuan UMKM Karanganyar," tandasnya.

Sementara itu dalam Muskab, Joko Sutrisno terpilih sebagai Ketua Kadin Karanganyar periode 2021-2025 lantaran dalam voting berhasil meraih 31 suara dari 46 peserta. Pesaingnya, Boby Aditia mengantongi 16 suara.

Dua calon ketua lainnya undur diri. Mulyono Herlambang, ketua periode sebelumnya, baralasan karena ingin memberi kesempatan pada kader lain yang dinilainya mumpuni. Sedang Aan Shopuanudin mundur karena ingin berkonsentrasi sebagai ketua Hipmi.

Joko Sutrisno akan membentuk tim kepengurusan bersama tim formatur dalam waktu sepekan. Pihaknya akan berusaha menarik pulang para pelaku usaha Karanganyar yang aktif berorganisasi di luar daerah.

"Potensi di Karanganyar sangat besar, sehingga harus dikelola bersama sama," kata Joko Sutrisno.

Ketua Muskab Kadin Karanyanyar Dr Sutoyo mengatakan, untuk pertama kali Kadin Karanganyar menggelar muskab. Sebelumnya, Ketua Kadin Karanganyar berdasarkan penunjukan atau musyawarah mufakat.

Editor: Langgeng Widodo


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x