Pelantikan Kadin Karanganyar, Juliyatmono : Tugasmu Nyitak Wong Sugih Sebanyak-banyaknya

- 5 Oktober 2021, 11:37 WIB
Bupati Karanganyar Juliyatmono, Ketua DPRD Bagus Selo, Kepala OJK Solo Eko Yunianto, dan Ketua REI Soloraya SS Maharani melihat-lihat produk batik Girilayu Matesih yang dipamerkan, usai pelantikan pengurus Kadin Karanganyar periode 2021-2021 di Pendopo Ruma Dinas Bupati Karanganyar, Senin (4/5/2021) malam,
Bupati Karanganyar Juliyatmono, Ketua DPRD Bagus Selo, Kepala OJK Solo Eko Yunianto, dan Ketua REI Soloraya SS Maharani melihat-lihat produk batik Girilayu Matesih yang dipamerkan, usai pelantikan pengurus Kadin Karanganyar periode 2021-2021 di Pendopo Ruma Dinas Bupati Karanganyar, Senin (4/5/2021) malam, /Langgeng Widodo/

KARANGANYARNEWS-Bupati Juliyatmono berharap banyak kiprah Kadin Karanganyar di bawah pimpinan Joko Sutrisno yang baru saja dilantik di Pendopo Ruma Dinas Bupati Karanganyar, Senin (4/5/2021).

Karena itu, Juliyatmono berpesan pada Kadin Karanganyar untuk mencetak pengusaha sukses, mencetak wong sugih (orang kaya) sebanyak banyaknya di bumi intan pari. Sebab, menurut Bupati Karanganyar, Kadin punya peran strategis dalam pembangunan.

"Aku pesen, tugasmu nyitak wong sugih sak akeh-akehe, nyitak pengusaha sak akeh-akehe. Sebab, ukurane sebuah kota kuwi maju, nak jumlah wong sugihe iku okeh, paling ora 20 persen penduduknya itu pengusaha," kata Juliyatmono ketika memberi sambutan pelantikan Kadin Karanganyar periode 2021-2021.

Untuk mewujudkan cita-cita itu, yakni mencetak entrepreneur sebanyak banyaknya, Juliyatmono meminta pengurus Kadin menjalin komunikasi dengan pemerintah daerah, program apa yang bisa dikerjakan, apa yang diprioritaskan. Juga berkomunikasi dengan pihak luar, terutama dengan investor untuk berinvestasi di Karanganyar. Menurut Bupati Karanganyar, banyak hal yang bisa dilakukan di Karanganyar. Terurutama di sektor pariwisata dan pertanian yang potensinya masih sangat besar.

"Saya kira perbankan juga akan mendukung dengan membukakan akses pembiayaan. Duit di bank sangat banyak, tapi bank bingung, kangelan ngetoke. Kantor satu atap juga tak jaluk mempermudah izin usaha, bila perlu usaha belum jalan, izin usaha sudah keluar," kata Juliyatmono.

Gayung pun bersambut. Ketua Kadin Karanganyar Joko Sutrisno akan berupaya memajukan sektor usaha di Karanganyar. Tidak hanya memberi pelatihan dan pendampingan saja, tapi juga mempertemukan dengan investor atau pengusaha besar dari luar dalam business matching meeting yang rencananya digelar tiap tiga bulan sekali.

Dengan begitu, akan tercipta banyak pelaku usaha. Usaha mikro bisa naik kelas jadi kecil, kecil jadi menengah, dan menengah jadi besar. Dia melihat, selama ini masih banyak pelaku usaha di Karanganyar cepat puas sehingga stagnan. Rumah makan atau warung hik-nya memang ramai, tapi hanya sebatas ramai, tapi belum berpikir untuk buka cabang, waralaba atau berinovasi menciptakan sistem agar usahanya lebih maju.

"Nah, pola pikir seperti ini kurang pas. Agar wawasan teman-teman pelaku usaha makin luas, kita akan sering sering melakukan sharing, edukasi, pendampingan, pelatihan, fasilitasi, kerja sama, dan tukar pengalaman bagaimana membesarkan usaha," kata Joko Sutrisno.

Sementara itu pelantikan Kadin Karanganyar periode 2021-2021 di Pendopo Ruma Dinas Bupati Karanganyar, Senin (4/5/2021) malam, berlangsung meriah. Dalam kesempatan itu juga digelar pameran produk UMKM serta fashion show.

Halaman:

Editor: Langgeng Widodo


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x