Ada 24 Titik Perlintasan KA Tanpa Palang, Kapolres Karanganyar : Perlu Diwaspadai Saat Mudik Lebaran

- 19 April 2022, 17:26 WIB
Petugas Polres Karanganyar tengah mengecek perlintasan KA tanpa palang yang sudah ditutup, Selasa (19/4/2022).
Petugas Polres Karanganyar tengah mengecek perlintasan KA tanpa palang yang sudah ditutup, Selasa (19/4/2022). /Humas Polres Karanganyar/

KARANGANYARNEWS-Ada 24 titik pelintasan KA tanpa palang pintu di Karanganyar. Rinciannya, tiga titik di Jaten, tujuh titik di Kebakkramat dan 14 titik di Gondangrejo. Sebagian sudah ditutup warga sebagian masih terbuka.

Pelintasan kereta api tanpa palang pengaman itu menjadi perhatian serius Polres Karanganyar dalam pengamanan arus mudik Lebaran 2022, dimana mobilitas kendaraan akan tinggi setelah dua tahun tidak ada mudik lantaran pandemi covid-19.

Kapolres Karanganyar AKBP Danang Kuswoyo mengatakan, perlu ada koordinasi guna mencegah terjadinya kecelakaan di pelintasan KA tanpa palang pintu. 

Antisipasi lain yang perlu dilakukan adalah menutup serta memasang rambu dan informasi jadwal KA yang melintas. Sehingga jam melintas bisa diketahui lebih akurat dan menjadi acuan masyarakat saat menyeberang pelintasan.

"Bila perlu, tambahan penerangan di pelintasan, juga bisa disiagakan petugas di lokasi," kata AKBP Danang Kuswoyo.

Selasa (19/4/2022), petugas Polsek Jaten dan Polsek Kebakkramat serta Polres Karanganyar melaksanakan pengecekan jalur kereta api, khususnya perlintasan KA tanpa palang pintu di Kebakkramat dan Jaten.

Menurut Kanit Samapta Polres Karanganyar Aiptu Suharyono, pengecekan itu untuk memastikan keamanan dan kelancaran jalur transportasi darat menggunakan kereta api pada mudik Lebaran 2022 yang diprediksi akan naik intensitas perjalannya.

"Di Jaten, untuk perlintasan KA tanpa palang atau penjagaan sudah di tutup oleh warga sekitar secara swadaya dan gotong royong," kata Kapolsek Jaten AKP Juni Marsianto.

Editor: Langgeng Widodo


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x