Botok Ikan Bu Karni Wonogiri, Menu Ndeso yang Bikin Lidah Meleleh

- 6 Februari 2022, 08:05 WIB
Botok Bu Karni Wonogiri
Botok Bu Karni Wonogiri /Instagram @jajankakilimasolo

KARANGANYARNEWS – Ikan air tawar biasanya hanya digoreng. Namun, di Wonogiri ikan jenis ini diolah menjadi botok. Rasanya jangan tanya. Sedap!

Botok ikan atau botok iwak kali (ikan yang biasa hidup di sungai) ada di Warung Bu Karni, lokasinya tidak jauh dari pintu masuk wisata Waduk Gajah Mungkur Wonogiri.

Warungnya kecil dan sederhana. Namun, setiap hari pembeli harus antre. Apalagi saat akhir pekan atau liburan. Dijamin Anda harus menunggu lama untuk mendapat giliran.

Baca Juga: Pindang Kambing Mbah Sinem Wonogiri, Rasanya Begitu Nyamleng!

Menu yang ditawarkan adalah botok  wader, ikan nila, dan patin. Sajian ini berupa ikan yang dipotong-potong, dicampur parutan kelapa yang sudah dibumbui.

Selanjutnya, campuran ikan dan dan parutan kelapa tersebut dibungkus daun pisang kemudian dikukus hingga matang. Rasanya gurih, dan sedikit pedas.

Meski menu sederhana, namun botok ikan Bu Karni ini selalu menjadi jujugan. Bukan hanya warga Wonogiri, tapi juga para pelancong yang berwisata di Waduk gajah Mungkur.

Baca Juga: Sega Berkat Wonogiri, Ini Ciri-ciri yang Asli dan Ala-ala

Warung botok ikan Bu Karni ini memang recommended. Rasanya benar-benar pas di lidah. Tidak kalah dengan menu-menu mewah. Harganya pun hanya Rp5.000 per bungkus.

Halaman:

Editor: Ken Maesa Pamenang


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x