Rekomendasi 5 Kuliner Nikmat Khas Solo, Terkenal Murah dan Bikin Nagih

- 26 April 2024, 12:05 WIB
Rekomendasi 5 kuliner nikmat khas Solo, terkenal murah dan bikin nagih. Solo merupakan kota kaya budaya, sejarah, dan tentu saja kuliner lezat. (Foto: Instagram/@selat.mbaklies)
Rekomendasi 5 kuliner nikmat khas Solo, terkenal murah dan bikin nagih. Solo merupakan kota kaya budaya, sejarah, dan tentu saja kuliner lezat. (Foto: Instagram/@selat.mbaklies) /
 
KARANGANYARNEWS — Rekomendasi 5 Kuliner Nikmat Khas Solo, Terkenal Murah dan Bikin Nagih. Solo atau Surakarta merupakan kota kaya budaya, sejarah, dan tentu saja kuliner lezat.
 
Jauh dari sorotan kota-kota besar lainnya di Indonesia, kampung halaman Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) ini memiliki daya tarik tersendiri, terutama dalam hal makanan. 
 
Berikut beberapa kuliner unik patut dicoba ketika berkunjung ke Kota Solo yang terkenal murah dan bikin nagih.
 
 
1. Selat Solo
 
Selat Solo adalah sajian khas kota ini. Kendati namanya mirip dengan nama kota, rasanya jauh dari biasa.
 
Selat Solo terbuat dari daging sapi dimasak dengan bumbu rempah khas, seperti kemiri, ketumbar, dan jinten.
 
Rasa gurih dan kaya rempah membuatnya menjadi hidangan sangat populer di Kota Bengawan.
 
 
2. Nasi Liwet
 
Nasi liwet adalah sajian nasi dimasak dengan santan dan rempah-rempah, lalu disajikan dengan berbagai lauk pauk, seperti ayam goreng, telur, tahu, tempe, dan sayuran. 
 
Satu hal bikin nasi liwet begitu istimewa adalah penggunaan air liur burung puyuh untuk memberikan cita rasa khas yang unik.
 
3. Sate Buntel
 
Sate buntel adalah versi unik dari sate yang berasal dari Solo. Bahan digunakan adalah daging sapi atau kambing, dibungkus lembaran lemak sapi lalu dipanggang. 
 
 
Lemak sapi memberikan rasa khas dan lembut pada daging sate, membuatnya berbeda dari sate-sate lainnya.
 
4. Serabi Notosuman
 
Serabi Notosuman merupakan penganan khas Solo terbuat dari adonan tepung beras dan santan, dipanggang di atas cetakan tradisional.
 
Setelah matang, serabi disajikan dengan berbagai topping, mulai dari gula merah cair, keju, cokelat, hingga selai buah. Rasanya manis dan lembut membuatnya menjadi camilan favorit di Solo.
 
 
5. Wedang Ronde
 
Wedang ronde adalah minuman hangat terdiri atas bola-bola tepung ketan, diisi kacang tanah, gula merah, dan jahe, lalu direbus dalam air jahe dan disajikan dengan kuah jahe hangat. Minuman ini sangat cocok dinikmati di malam hari atau saat cuaca dingin.
 
Kunjungan ke Solo tak akan lengkap tanpa menyicipi kelezatan kuliner-kuliner unik ini.
 
Cita rasa khas dan berbeda dari daerah lain di Indonesia, Solo menawarkan pengalaman kuliner tak terlupakan bagi para wisatawan. ***

Editor: Andi Penowo

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x