Alun-alun Kidul, Spot Wisata Kuliner di Solo yang Syahdu dan Bikin Rindu

- 6 Desember 2023, 21:53 WIB
Alun-alun Kidul, spot wisata kuliner di Solo yang syahdu dan bikin rindu. Lokasi ini juga bisa kamu jadikan sebagai tempat bersantai di sore hari sambil menikmati suasana Kota Solo. (Foto: Instagram/@solonyaman/@photo.bytopo)
Alun-alun Kidul, spot wisata kuliner di Solo yang syahdu dan bikin rindu. Lokasi ini juga bisa kamu jadikan sebagai tempat bersantai di sore hari sambil menikmati suasana Kota Solo. (Foto: Instagram/@solonyaman/@photo.bytopo) /

KARANGANYARNEWS Alun-alun Kidul, Spot Wisata Kuliner di Solo yang Syahdu dan Bikin RinduNgomongin soal Kota Solo tentu saja tak bisa lepas dari Keraton Kasunanan Surakarta. Keraton bersejarah ini merupakan sebuah warisan budaya Jawa berupa fisik bangunan kerajaan, benda artefak, seni budaya, serta adat istiadat setempat.

Keraton Surakarta Hadiningrat atau biasa disebut sebagai Keraton Kasunanan Surakarta merupakan istana resmi Kasunanan Surakarta yang terletak di Kota Solo, Jawa Tengah.

Keraton Kasunanan Surakarta memiliki budaya dan tradisi kuat yang masih terjaga hingga kini.

Kerajaan didirikan Pakubuwono II pada 1744 ini masih memiliki hubungan kekerabatan dengan Keraton Kasultanan Yogyakarta. Bahkan bangunan dan budayanya pun juga hampir mirip.

Baca Juga: Tahu Kupat Sido Mampir, Kuliner Nikmat Legendaris di Solo yang Bikin Nagih

Keduanya sama-sama memiliki dua alun-alun yang berada di dekat keraton. Alun-alun ini juga mempunyai nama sama, yakni Alun-alun Lor dan Alun-alun Kidul.

Pada zaman dulu di Alun-alun Lor terdapat beberapa bangunan dengan berbagai fungsinya masing-masing.

Sebelah Barat terdapat pakapalan yang digunakan sebagai tempat menambatkan kuda para abdi dalem dari berbagai daerah yang akan menghadap raja.

Halaman:

Editor: Andi Penowo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x