Jadwal Buka dan Harga Tiket Masuk Keraton Solo, Tempat Wisata Sejarah yang Instagramable

- 17 Agustus 2023, 00:13 WIB
Jadwal buka dan harga tiket masuk Keraton Solo, tempat wisata sejarah yang Instagramable. Keraton Kasunanan telah menjadi ikon Kota Solo. (Foto: Dok. Istimewa)
Jadwal buka dan harga tiket masuk Keraton Solo, tempat wisata sejarah yang Instagramable. Keraton Kasunanan telah menjadi ikon Kota Solo. (Foto: Dok. Istimewa) /

KARANGANYARNEWS Jadwal Buka dan Harga Tiket Masuk  Keraton Solo, Tempat Wisata Sejarah yang Instagramable. Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat telah menjadi ikon Kota Solo. Keraton ini didirikan Susuhan Pakubuwono II (Sunan PB II) pada 1744 sebagai pengganti Keraton Kartasura yang rusak akibat Geger Pecinan pada 1743. 

Banyak koleksi patung, senjata, dan pusaka kerajaan di sini. Salah satu bangunan bertingkat yang menarik di Keraton Surakarta Hadiningrat atau Keraton Solo, yakni Menara Sanggabuwana. 

Menara ini didirikan Sri Susuhan Pakubuwono III pada 1782. Bangunan setinggi 30 meter ini berfungsi sebagai menara dan tempat memata-matai Belanda pada masa penjajahan. 
 
 
Keraton Kasunanan juga memiliki museum dengan berbagai koleksi yang dapat dinikmati pengunjung. Kamu bisa melihat berbagai macam peninggalan khas keraton dipamerkan di sini.
 
Koleksi pernak-pernik keseharian keraton dan juga benda unik pernah digunakan pihak keraton beserta keluarganya bisa dijumpai di tempat ini. 
 
Di dalam museum, kalian juga akan bisa melihat berbagai macam hadiah dari raja-raja Eropa, gamelan, dan juga replika pusaka keraton yang pernah menjadi saksi sejarah perkembangan Keraton Surakarta Hadiningrat.
 
 
Harga tiket masuk Museum Keraton Surakarta Hadiningrat cukup ramah di kantong.
 
Khusus untuk wisatawan lokal hanya Rp10 ribu, sementara wisatawan mancanegara Rp15 ribu.
 
Jika ingin mengetahui sejarah Keraton Solo lebih dalam sembari berkeliling, kamu bisa menyewa jasa pemandu wisata atau tour guide. 
 
Museum Keraton Surakarta Hadiningrat buka pada Senin hingga Kamis pukul 09.00 sampai 14.00 WIB serta Sabtu dan Minggu pukul 09.00 hingga 15.00 WIB. Khusus Jumat, museum ini tutup. ***

Editor: Andi Penowo

Sumber: berbagai sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x