Istana Heritage Batik Keris, Destinasi Wisata Belanja di Solo yang Estetik dan Instagramable

- 26 April 2024, 13:05 WIB
Istana Heritage Batik Keris, destinasi wisata belanja di Solo yang estetik dan instagramable. Kota Solo terkenal dengan batiknya yang cantik nan indah. (Foto: Dok. Istimewa/Yogi)
Istana Heritage Batik Keris, destinasi wisata belanja di Solo yang estetik dan instagramable. Kota Solo terkenal dengan batiknya yang cantik nan indah. (Foto: Dok. Istimewa/Yogi) /
 
KARANGANYARNEWS - Istana Heritage Batik Keris, Destinasi Wisata Belanja di Solo yang Estetik dan Instagramable. Kota Solo terkenal dengan batiknya yang cantik nan indah. Di kampung halaman Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) ini terdapat banyak produsen batik, salah satunya Batik Keris.
 
Ngomongin soal Batik Keris tak bisa lepas dari Omah Lowo. Ya, bangunan yang populer dengan sebutan Omah Lowo ini awalnya berfungsi sebagai rumah tinggal untuk bangsawan dan pejabat Belanda pada masa kolonial di tahun-tahun awal abad ke-20. 
 
Letaknya sendiri ada di Jalan Slamet Riyadi, Laweyan, Solo. Omah Lowo menampilkan arsitektur kolonial yang khas untuk sebuah rumah tinggal. 
 
 
Sementara, Batik Keris adalah merek produk batik ternama di Indonesia yang sudah ada semenjak 1920 dan masih terus eksis hingga saat ini.
 
Tak hanya dikenal dengan produk batiknya yang eksklusif, brand ini juga membuka sebuah galeri yang ada di Solo dan menjadi destinasi wisata baru di kota ini. 
 
Istana Heritage Batik Keris adalah galeri menampilkan berbagai koleksi eksklusif.
 
Omah Lowo yang merupakan bangunan kuno, sekarang sudah direvitalisasi menjadi Istana Heritage Batik Keris. 
 
 
Kendati mengalami renovasi, bentuk asli bangunan tetap dipertahankan dan menghadirkan perpaduan antara keindahan arsitektur kolonial juga keberlanjutan sejarahnya.
 
Keunikan Omah Lowo sendiri tak hanya terletak pada sejarahnya. Julukan "Omah Lowo" muncul karena bangunan ini telah lama tidak dipergunakan sehingga dihuni banyak kelelawar. 
 
Pengin tahu lebih banyak tentang Heritage Batik Keris? Yuk simak informasinya berikut ini.
 
Tahukah Sob, bangunan Heritage Batik Keris adalah sebuah rumah kuno yang disulap menjadi butik dan juga restoran Batik Keris bernuansa klasik Indonesia era 1900-an. 
 
 
Bangunan ini memiliki luas 1500 meter persegi dan dihiasi berbagai art decoration. Heritage Batik Keris membuat siapa pun akan bernostalgia ke masa lalu.
 
Saat berkunjung ke tempat ini, kamu dapat melihat sejarah Batik Keris, keberagaman jenis batik dan pernak perniknya, showcase produk premium Batik Keris, dan juga produk usaha kecil Indonesia.
 
Heritage Batik Keris dapat dibilang sebagai tempat wisata belanja unik dan memberikan pengalaman baru bagi pengunjungnya. Soal tiket, nggak usah khawatir Sob. 
 
 
Kamu tidak akan dikenakan biaya masuk alias gratis. Heritage Batik Keris juga memiliki fasilitas restoran yang menyajikan aneka masakan khas Indonesia dan juga beberapa menu Western.
 
Heritage Batik Keris buka setiap hari mulai pukul 09.00 hingga 21.00 WIB. Tempat ini akan dipenuhi pengunjung saat memasuki weekend atau pun hari  libur nasional. 
 
Itu dia ulasan mengenai Heritage Batik Keris, kamu tertarik buat berkunjung, Sob? ***

Editor: Andi Penowo

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x