Pura Mangkunegaran, Tempat Wisata di Solo yang Penuh Sejarah, Eksotik dan Instagramable

- 22 Juli 2023, 15:05 WIB
Pura Mangkunegaran, tempat wisata di Solo yang penuh sejarah, eksotik dan Instagramable. Pesona Pura Mangkunegaran mampu memikat pengunjung, baik dari dalam maupun luar Kota Solo. (Foto: Instagram/@puromangkunegaran)
Pura Mangkunegaran, tempat wisata di Solo yang penuh sejarah, eksotik dan Instagramable. Pesona Pura Mangkunegaran mampu memikat pengunjung, baik dari dalam maupun luar Kota Solo. (Foto: Instagram/@puromangkunegaran) /

KARANGANYARNEWS – Pura Mangkunegaran, Tempat Wisata di Solo yang Penuh Sejarah, Eksotik dan Instagramable. Pesona Pura Mangkunegaran mampu memikat pengunjung, baik dari dalam maupun luar Kota Solo. Hal itu tentu saja tak lepas dari beragam acara yang disajikan destinasi wisata ini, mulai dari kelas tari, foto busana adat hingga penyajian apem khas Pura Mangkunegaran.

Ya, Pura Mangkunegaran merupakan salah satu tempat wisata sejarah selain Keraton Kasunanan Surakarta.

Berlokasi di dekat Pasar Ngarsopuro, Mangkunegaran didirikan Raden Mas Said atau Pangeran Sambernyawa pada 1757 yang kemudian menjabat sebagai raja dengan gelar Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara I.

Merangkum berbagai sumber, Mangkunegaran memiliki otonom independen dengan wilayah sangat luas dan punya tentara sendiri.

Baca Juga: Mengapa Kereta Api Tidak Bisa Berhenti Mendadak? Begini Penjelasannya

Akhirnya pada September 1946, Mangkunegaran menyatakan bergabung dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia (MKRI) di bawah kekuasaan Mangkunegara VIII hingga saat ini.

Keindahan Pura Mangkunegaran belakangan menjadi sorotan netizen di media sosial. Salah satu alasannya lantaran situs bersejarah di Kota Solo ini memiliki interior cukup menawan.

Selain itu, daya tarik lain ialah busana adat dan busana tari Mangkunegaran. Kemantren Langenpraja juga menyediakan busana khas Mangkunegaran bagi para wisatawan yang ingin mencobanya.

Halaman:

Editor: Andi Penowo

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x