Mengapa Kereta Api Tidak Bisa Berhenti Mendadak? Begini Penjelasannya

- 22 Juli 2023, 14:09 WIB
Mengapa kereta api tidak bisa berhenti mendadak, begini penjelasannya. Kereta api membutuhkan jarak pengereman agar benar-benar berhenti. (Foto: Dok. Istimewa/kai.id)
Mengapa kereta api tidak bisa berhenti mendadak, begini penjelasannya. Kereta api membutuhkan jarak pengereman agar benar-benar berhenti. (Foto: Dok. Istimewa/kai.id) /

KARANGANYARNEWS - Mengapa Kereta Api Tidak Bisa Berhenti Mendadak? Begini Penjelasannya. Insiden tabrakan antara kereta api dengan truk di Semarang dan Bandar Lampung pada Selasa, 18 Juli 2023 lalu mendapatkan respons beragam dari publik. Salah satu perhatian publik di antaranya terkait bagaimana sistem pengereman di transportasi kereta api.

Secara sistem pengereman, transportasi kereta api merupakan jenis transportasi apabila melakukan proses pengereman membutuhkan jarak pengereman agar benar-benar berhenti.

Public Relations PT Kereta Api Indonesia (KAI), Joni Martinus, mengatakan berbeda dengan transportasi darat umumnya, kereta api memiliki karakteristik secara teknis tidak dapat dilakukan pengereman secara mendadak.

"Untuk itu, kami mengimbau masyarakat agar lebih waspada dan berhati-hati sebelum melewati perlintasan sebidang,” serunya dalam siaran pers, Jumat, 21 Juli 2023.

Baca Juga: 3 Rekomendasi Jajanan Enak Murah dan Legendaris di Pasar Gede Solo

Berikut faktor-faktor menyebabkan kereta api tidak dapat mengerem mendadak:

  1. Panjang dan Berat Rangkaian Kereta Api

Hal yang menyebabkan kereta api tidak dapat berhenti mendadak adalah karena panjang dan bobotnya.

Makin panjang dan berat rangkaiannya, jarak dibutuhkan kereta api untuk dapat benar-benar berhenti akan semakin panjang.

Halaman:

Editor: Andi Penowo

Sumber: Siaran Pers


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x