5 Rekomendasi Film Kemerdekaan yang Cocok Ditonton saat Peringatan HUT RI

- 16 Agustus 2023, 23:54 WIB
5 rekomendasi film kemerdekaan yang cocok ditonton saat peringatan HUT RI. Hari Kemerdekaan juga turut dimeriahkan film kemerdekaan Indonesia. (Foto ilustrasi: Pixabay/ThePixelMan)
5 rekomendasi film kemerdekaan yang cocok ditonton saat peringatan HUT RI. Hari Kemerdekaan juga turut dimeriahkan film kemerdekaan Indonesia. (Foto ilustrasi: Pixabay/ThePixelMan) /

KARANGANYARNEWS 5 Rekomendasi Film Kemerdekaan yang Cocok Ditonton saat Peringatan HUT RI. Hari Kemerdekaan Republik Indonesia tak hanya dimeriahkan upacara bendera dan perlombaan saja, namun industri perfilman juga turut memeriahkannya dengan cara membuat film kemerdekaan Indonesia.

Film kemerdekaan Indonesia tak hanya sebagai penghibur pada waktu libur, namun juga memiliki pesan mendalam, yakni bangkitnya jiwa nasionalisme masyarakat Indonesia.

Tentunya film-film kemerdekaan Indonesia ini sangat inspiratif dan direkomendasikan untuk ditonton sendiri maupun bersama orangtua, pasangan, maupun teman.
 
 
Berikut film Indonesia yang cocok kamu tonton saat perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia, dikutip dari berbagai sumber.
 
1. Jenderal Soedirman (2015)
 
Bicara soal pahlawan kemerdekaan, tentu tak lepas dari sosok Jenderal Soedirman. Kamu bisa melihat kisah perjuangannya melalui film Jenderal Soedirman. 
 
Film ini menceritakan perjalanan Jenderal Soedirman (Adipati Dolken) ketika memimpin pasukan perang gerilya untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia.
 
Saat itu, dikisahkan Jenderal Soedirman berperang, meski menderita penyakit paru-paru.
 
Ketika itu, ia membuat Jawa menjadi medan perang gerilya yang membuat Belanda kewalahan. Perjuangan Jenderal Soedirman membuat Belanda kehabisan logistik dan waktu.
 
 
2. Guru Bangsa Tjokroaminoto (2015)
 
Tjokroaminoto merupakan film bertema perjuangan Indonesia dirilis pada 2015. Film garapan Garin Nugroho ini melibatkan beberapa aktor terbaik, seperti Reza Rahardian, Christine Hakim, Didi Petet, hingga Sujiwo Tejo.
 
Film Tjokroaminoto mengisahkan guru bangsa yang berhasil menjadi pendidik bagi tokoh-tokoh pemimpin Indonesia.
 
Pada 2014, Tjokroaminoto berhasil memenangkan tiga kategori pada Festival Film Indonesia 2015, yakni Sinematografi Terbaik, Tata Artistik Terbaik, dan Tata Busana Terbaik.
 
 
3. Siap Gan! (2017)
 
Siap Gan! merupakan film komedi pertama berlatar dunia pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka). Siap Gan! diproduksi Muara Prima Entertainment.
 
Film ini digarap langsung di Surabaya karena dirasa cocok dengan seluruh alur ceritanya.
 
Siap Gan! menyajikan komedi khas Surabaya yang membuat penonton tak merasa bosan dengan alur ceritanya. 
 
Kendati penuh gelak tawa, namun film ini tetap menggambarkan sikap nasionalisme, digambarkan melalui akting aktor-aktor remajanya.
 
Selain itu, film ini juga merefleksikan kehidupan sehari-hari seorang anak remaja.
 
 
4. Bumi Manusia (2019)
 
Film Bumi Manusia diadaptasi dari buku dengan judul sama karya Pramoedya Ananta Toer, digarap Hanung Bramantyo.
 
Bumi Manusia menceritakan kisah cinta seorang pribumi bernama Minke (Iqbal Ramadhan) dengan Annelies Mellema (Mawar Eva) yang tumbuh di antara banyaknya permasalahan sosial dan ketidakadilan di masa penjajahan Belanda.
 
Pada 2020 lalu, Bumi Manusia berhasil memenangkan empat kategori dalam gelaran Festival Film Bandung, yakni kategori Film Terpuji, Sutradara Terpuji, Pemeran Utama Pria Terpuji, dan Penulis Skenario Terpuji.
 
 
5.  Buya Hamka (2023)
 
Buya Hamka merupakan film biopik terbagi dalam tiga bagian penting di kehidupan seorang Buya Hamka.
 
Pada bagian pertama, film ini menampilkan berbagai momen penting kehidupan Buya Hamka (Vino G Bastian) dalam kurun waktu 1933 hingga 1945.
 
Buya Hamka adalah tokoh besar pengurus Muhammadiyah di Makassar. Selain kesibukannya sebagai ketua pengurus Muhammadiyah, ia juga aktif menulis beberapa karya, seperti Di bawah Lindungan Kakbah dan Tenggelamnya Kapal Van Der Wijk. 
 
Sampai pada bagian penting, ia terlibat dalam perjuangan kemedekaan Indonesia hingga akhirnya merdeka pada 17 Agustus 1945. Film ini cocok ditonton semua umur karena sangat inspiratif. ***

Editor: Andi Penowo

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah