Brambang Asem, Kuliner Super Pedas Khas Solo yang Bikin Merem Melek

- 8 Juli 2023, 23:09 WIB
Brambang asem, kuliner super pedas khas Solo yang bikin merem melek. Makanan ini disajikan dengan sangat sederhana, yakni di atas selembar daun pisang. (Foto: Dok. Istimewa)
Brambang asem, kuliner super pedas khas Solo yang bikin merem melek. Makanan ini disajikan dengan sangat sederhana, yakni di atas selembar daun pisang. (Foto: Dok. Istimewa) /

KARANGANYARNEWS - Brambang Asem, Kuliner Super Pedas Khas Solo yang Bikin Merem Melek. Kota Solo menyimpan aneka ragam makanan tradisional khas. Banyak kuliner enak di sini yang tidak ditemukan di tempat lain.

Aneka ragam kuliner bertebaran di Kota Solo ini, terkadang membuat wisatawan, baik domestik maupun mancanegara merasa ketagihan dan ingin selalu nambah saat menikmatinya.

Salah satu kuliner khas Kota Solo yang cukup unik dan sudah semakin langka ialah brambang asem.

Makanan ini disajikan dengan sangat sederhana, yakni di atas selembar daun pisang.

Baca Juga: Jadah, Makanan Tradisional Jawa yang Sarat Makna dan Filofosofi Leluhur

Brambang asem merupakan jenis kuliner berbahan daun ubi yang telah direbus. Di atasnya disiram kuah manis pedas dan asam dari cabai serta bawang merah yang telah digerus dengan gula jawa dan juga asem jawa.

Sajian ini bisa menggugah selera siapa saja, terutama para pecinta makanan pedas. Perpaduan rasa antara pedas, asam, dan manis sungguh sangat menggiurkan untuk disantap.

Brambang asem bahan utamanya ialah daun ketela rambat yang telah direbus atau dalam Bahasa Jawa dinamakan Jlegor.

Daun jlegor lalu disiram kuah sambal dari berbagai perpaduan bahan, antara lain bawang merah serta asam.

Halaman:

Editor: Andi Penowo

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x