Mudik; Mampir Cilegon dan Banten, Ini 6 Kuliner Khasnya

- 25 April 2022, 02:04 WIB
Menu seafood bakar dan ikan bakar di RM. Bu Entin Serang yang wajib dicoba
Menu seafood bakar dan ikan bakar di RM. Bu Entin Serang yang wajib dicoba /Instagram @rm.buentin/

KARANGANYARNEWS - Lebaran sudah dekat, banyak hal yang perlu dipersiapkan. Terutama bagi yang akan mudik, jangan abaikan persiapan matang, terutama pemilihan transportasi yang akan dipakai.

Jika memilih transportasi jalan darat, penggunaan mobil pribadi dirasa lebih nyaman dan leluasa. Apalagi saat melalui daerah-daerah yang menyimpan banyak kearifan lokal, terutama wisata kuliner, tentunya bisa menjadi pilihan untuk.

Belum lama di Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, menerbitkan Buku Yuk Mampir! Peta Kuliner Jalur Lebaran Pulau Jawa diharapkan dapat memberikan referensi tempat makan legendaris, unik, enak dengan kekhasan rasa di sepanjang Pulau Jawa.

Baca Juga: Risol Mayo; Lumernya Bikin Ngiler, Ini Resep dan Cara Membuatnya Mudah

Dan inilah 6 informasi kuliner di kota Cilegon dan Serang, Provinsi Banten yang dikulik dari buku tersebut.

  1. Ayam Bekakaka

Ayam bekakak adalah makanan khas kota Cilegon, yang diolah dengan cara dibakar terlebih dahulu, kemudian diungkep dengan racikan bumbu manis. Ayam bekakak yang terkenal ada di Jl. Raya Kranggot Jombang Wetan, Kecamatan Jombang, Kota Cilegon Banten.

  1. Nasi Gonjleng

Sebagai kota industri dan kota penghasil baja, kota Cilegon juga terkenal dengan kuliner nasi gonjleng, yang memiliki bumbu mirip nasi kebuli, beraroma pekak dan kapulaga, dihidangkan bersama acar dan emping. Nasi gonjleng terkenal ada di Jl. RA. Kartini No. 2 Rt 003 / 005 Jombang Wetan, Kecamatan Jombang, Cilegon.

Baca Juga: Bikin Ngiler dan Nagih, Ini Resep Bubur Jagung Mutiara Pandan

  1. Rumah Makan Bu Entin

Rumah makan yang menawarkan ikan bakar yang lezat, termasuk cumi bakar, gurita bakar, serta otak-otak ini berada di Jl. Raya Serang - Pandeglang KM 5, Karundang Cipocok Jaya, Serang.

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah