Tausiah Hari Ini; Catat, Inilah Penyebab Usia Umat Nabi SAW Lebih Pendek

- 10 Juni 2022, 23:36 WIB
Drs. H. Moch Isnaeni, M,Pd.
Drs. H. Moch Isnaeni, M,Pd. /dok pribadi/

Tausiah |.| Ustadz Moch Isnaeni

Usia umat Rasulullah SAW, tidaklah sepanjang usia umat-umat terdahulu. Dalam sebuah hadist disebutkan, usia mereka antara 60 sampai 70 tahun. Rasulullah SAW pernah mengadukan pendeknya usia umat beliau itu kepada Allah SWT.

Dengan penuh kasih Allah SWT menjelaskan, meski usia umat Islam lebih pendek dari umat lain, Allah SWT telah menganugrahkan banyak keutamaan. Diantaranya Lailatul Qadar, malam yang nilainya lebih dari seribu bulan.

Masa muda dan masa dewasa, merupakan fase terpenting dalam kehidupan manusia. Mengenai pentingnya masa muda, seorang bijak mengatakan; “Jika engkau tak bisa meraih kemuliaan di hari mudamu, tak akan mulia hidupnya sampai tua.”

Baca Juga: Tausiah Hari Ini; Ingin Mengubah Dunia, Segeralah Memulai dari Diri Sendiri

Umur manusia adalah perkara ghaib dan merupakan rahasia Allah SWT, tak seorangpun tahu berapa panjang usia yang dijatahkan untuknya. Meski demikian, beberapa ulama besar mencoba membahasnya.

Habib Abdullah bin Alwi Al Haddad, misalnya. Mengkaji umur melalui karyanya, Sabilul'Iddikar wal I'tibar bima Yamurru bil-Insan wa Yanqadhi lahu minal-A'mar (Jalan Menuju Peringatan dan Perenungan tentang Tahapan Usia yang Dilalui Manusia).

Beliau membagi umur dalam lima tahapan: Pertama, sejak Allah SWT menciptakan Nabi Adam AS dan membekalinya dengan keturunan. Kedua, sejak seorang manusia terlahir dari rahim ibunya hingga ajal menjemput.

Baca Juga: Tausiah Hari Ini; Catat, Inilah Jawabnya Kenapa Kita Harus Bekerja Keras

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x