Apa Itu Isra Miraj? Ini Arti dan Sejarah Singkat Perjalanan Nabi Muhammad yang Penuh Makna

- 18 Februari 2023, 11:49 WIB
Apa itu Isra Miraj? Ini arti dan sejarah singkat perjalanan Nabi Muhammad yang penuh makna. Rasullullah mendapatkan perintah salat lima waktu. (Foto: Pixabay/beingboring)
Apa itu Isra Miraj? Ini arti dan sejarah singkat perjalanan Nabi Muhammad yang penuh makna. Rasullullah mendapatkan perintah salat lima waktu. (Foto: Pixabay/beingboring) /

KARANGANYARNEWS - Apa Itu Isra Miraj? Ini Arti dan Sejarah Singkat Perjalanan Nabi Muhammad yang Penuh Makna. Isra Miraj merupakan salah satu peristiwa penting bersejarah dalam Islam karena mengisahkan perjalanan rohani Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Saat itu, Rasullullah mendapatkan perintah dari Allah Subhanahu wa Ta’ala untuk menjalankan salat lima waktu.

Isra Miraj adalah dua perjalanan Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam yang terjadi dalam satu malam. Umat Islam memperingati Isra Miraj setiap 27 Rajab tahun hijriah.

Adapun pada tahun Masehi kali ini jatuh pada Sabtu, 18 Februari 2023.

Isra Miraj merupakan perjalanan Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam dari Mekkah ke Masjid Al Aqsa di Yerusalem.

Baca Juga: Kapan Awal Puasa Ramadan 1444 H? Muhammadiyah Tetapkan 23 Maret 2023

Selanjutnya Nabi Rasulullah dinaikkan ke langit ketujuh atau Sidratul Muntaha.

Isra Miraj kerap dimaknai sebagai perjalanan rohani Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam dalam satu peristiwa.

Namun, Isra dan Miraj sebenarnya terdiri atas dua bagian perjalanan, yakni Isra (perjalanan di malam hari) dan Miraj (kenaikan).

Peristiwa Isra merupakan perjalanan Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam dari Kabah di Mekkah ke Masjid Al Aqsa yang berada di Yerusalem.

Halaman:

Editor: Andi Penowo

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x