Lafal Niat Puasa Arafah 9 Dzulhijjah Jelang Idul Adha 2023, Arti dan Keutamaannya

- 26 Juni 2023, 19:35 WIB
Lafal niat puasa arafah 9 Dzulhijjah jelang Idul Adha 2023, arti dan keutamaannya. Umat Islam telah memasuki Bulan Dzulhijjah 1444 H, tak lama lagi bakal merayakan Idul Adha pada 10 Dzulhijjah. (Foto ilustrasi: Pixabay/StockSnap)
Lafal niat puasa arafah 9 Dzulhijjah jelang Idul Adha 2023, arti dan keutamaannya. Umat Islam telah memasuki Bulan Dzulhijjah 1444 H, tak lama lagi bakal merayakan Idul Adha pada 10 Dzulhijjah. (Foto ilustrasi: Pixabay/StockSnap) /

KARANGANYARNEWS Lafal Niat Puasa Arafah 9 Dzulhijjah Jelang Idul Adha 2023, arti dan Keutamaannya. Umat Islam saat ini telah memasuki Bulan Dzulhijjah 1444 H. Itu artinya tak lama lagi masyarakat Muslim bakal merayakan Idul Adha pada 10 Dzulhijjah.

Sehari menjelang Idul Adha atau pada 9 Dzulhijjah terdapat hari arafah. Pada hari itu umat Islam disunahkan untuk melakukan puasa arafah.

Jika mengacu pada keputusan pemerintah yang menetapkan Idul Adha jatuh pada Kamis, 29 Juni 2022, itu artinya puasa arafah bertepatan pada Rabu, 28 Juni 2023.

Baca Juga: Kapal Selam Wisata Titanic Hilang: Ini Spesifikasi, Teknologi Canggih dan Tarif Penumpang

Puasa arafah termasuk salah satu amalan sunnah sangat dianjurkan bagi umat Muslim yang tidak sedang berhaji.

Keutamaan puasa arafah

Puasa arafah 9 Dzulhijjah ini punya keutamaan begitu besar. Jadi, tidak mengherankan apabila para ulama memasukkan puasa ini ke dalam amalan ibadah muakkad alias sangat dianjurkan.

Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam bersabda dalam riwayat Musli.

Halaman:

Editor: Andi Penowo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x