Mantan Menteri Penerangan Harmoko Meninggal

- 4 Juli 2021, 22:29 WIB
Foto kenangan wartawan senior Begog D Winarso bersama Menteri Penerangan Harmoko dalam sebuah acara. di Klaten di tahun 1980-an.
Foto kenangan wartawan senior Begog D Winarso bersama Menteri Penerangan Harmoko dalam sebuah acara. di Klaten di tahun 1980-an. /Dokumentasi/

KARANGANYARNEWS-Mantan Ketua MPR RI dan Menteri Penerangan Harmoko meninggal dunia, Minggu (4/7/2021). Ketua DPP Partai Golkar Dave Laksono yang mengonfirmasi meninggalnya mantan jurnalis itu.

"Innalillahi wa innailaihi rojiun telah meninggal dunia Bpk. H. Harmoko bin Asmoprawiro pada hari Minggu 4 Juli pada jam 20.22 WIB di RSPAD Gatot Soebroto," kata Dave di Jakarta, seperti dikutip kantor berita Antara.

Pihaknya meminta maaf kepada masyarakat atas kesalahan yang pernah dilakukan Menteri Penerangan di era Presiden Soeharto itu. Dave juga berdoa agar almarhum Harmoko husnul khotimah.

"Mohon dimaafkan segala kesalahan beliau dan mohon doanya insya Allah beliau husnul khotimah. Aamiin," tutur Dave Laksono.

Harmoko yang lahir di Nganjuk 7 Februari 1939 mengawali kerir sebagai jurnalis di koran Pos Kota sebelum sebagai Menteri Penerangan oleh Presiden Soeharto.

Di era Orde Baru, Harmoko pernah menduduki jabatan sebagai Ketua Umum DPP Golkar dan Ketua MPR RI 1997-1999.

Terpisah, Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo menigatakan, mantan Menteri Penerangan Harmoko sebagai sosok panutan bagi banyak kader Golkar.

"Harmoko adalah politisi senior, guru sekaligus panutan banyak kader Partai Golkar," kata Bamsoet, sapaan akrab Bambang Soesatyo.

Dikatakan, Harmoko menderita sakit sejak beberapa tahun lalu, namun, semangat hidupnya luar biasa. Menurut Bamsoet, semangat tersebut ditunjukkan Harmoko dengan rajin hadir di acara-acara besar Golkar walaupun harus duduk di kursi roda.

Halaman:

Editor: Langgeng Widodo


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x