Bea Cukai Surakarta Keluarkan 200 Tabung Oksigen yang 'Menginap' Di Terminal Kargo

- 19 Juli 2021, 17:09 WIB
Petugas mengeluarkan tabung oksigen dari terminal Kargo Bandara Internasional Adi Soemarmo Solo, Senin (19/7/2021).
Petugas mengeluarkan tabung oksigen dari terminal Kargo Bandara Internasional Adi Soemarmo Solo, Senin (19/7/2021). /Dokumentasi/Bandara Internasional Adi Soemarmo Solo

KARANGANYARNEWS-Setelah "menginap" beberapa hari, Senin (19/7/2021), Kantor Bea Cukai Surakarta mengeluaran 200 tabung oksigen dari terminal Kargo Bandara Internasional Adi Soemarmo. Gas oksigen bantuan dari Shopee itu dikirim dari Singapura untuk kepentingan hibah yang diterima oleh Dinas Kesehatan Pemerintah Kota Surakarta.

Pengeluaran barang hibah tabung oksigen tersebut, kata Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi Bea Cuka Surakarta Aries Baroto, sudah tercantum di Peraturan Menteri Keuangan Nomor 92/PMK.02/2021 tentang Pemberian Fasilitas Kepabeanan dan/atau Cukai serta Perpajakan atas Impor Barang untuk Penanganan Covid-19.

Dan berdasar aturan yang berlaku, tabung oksigen masuk kategori barang pembebasan Bea Masuk dan PDRI (Pajak Dalam Rangka Impor).

"Dari Bea Cukai sudah melakukan langkah proaktif dengan berkoordinasi dengan pihak terkait. Antara lain, Gapura, Angkasa Pura Logistic, serta dari Dinas Kesehatan Kota Surakarta," kata Aries di sela pengeluaran tabung oksigen dari terminal Kargo Bandara Internasional Adi Soemarmo Solo, Senin (19/7/2021).

Setelah Surat Pemberitahuan Cargo Charter Flight diterima pihak Bea Cukai Surakarta pada Jumat 16 Juli 2021 pukul 16.45 WIB, lanjut dia, pihak Bea dan Cukai lalu melakukan pengawasan pembongkaran atas barang tersebut ketika pesawat tiba di Bandara Internasional Adi Soemarmo Sabtu 17 Juli pukul 12.50 WIB untuk kemudian barang selesai dibongkar dan ditimbun di TPS Bandara Adi Soemarmo pada pukul 14.30 WIB sembari berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Pemerintah Kota Surakarta.

“Dengan dukungan dan koordinasi dari semua pihak berwenang, semoga barang hibah ini dapat membantu meringankan beban dari masyarakat yang saat ini sedang menderita Covid-19. Kami selalu siap dan berkomitmen penuh mendukung agar proses pengeluaran barang bisa dijalankan secepatnya, tentunya dengan tidak melanggar ketentuan yang berlaku”, tandasnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Surakarta dokter Siti Wahyuningsih mengucapkan terima kasih kepada semua pihak terkait yang membantu kelancaran proses pengeluaran tabung oksigen. “Bagi kami, bantuan tabung oksigen dari Shopee ini sangat bermanfaat dalam kondisi pandemi sekarang ini," jelasnya.

Seperti diberitakan, sebanyak 200 tabung oksigen dari Singapura mendarat di Bandara Internasional Adi Soemarmo Solo, Sabtu. Dari Singapura, oksigen diangkut pesawat charter Cargo PT. My Indo Ailines. Oksigen seberat 14.175 ton untuk Dinas Kesehatan Surakarta berada di terminal kargo bandara.

Editor: Langgeng Widodo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah