Jokowi Sumbang Sapi 1 Ton ke Istiqlal dan 34 Provinsi Lainnya Untuk Idul Adha

- 20 Juli 2021, 12:30 WIB
Presiden Jokowi secara simbolis menyerahkan sapi seberat 1 ton untuk disembelih pada hari raya Idul Adha di Masjid Istiqlal Jakarta, Senin (19/7). (Foto: Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)
Presiden Jokowi secara simbolis menyerahkan sapi seberat 1 ton untuk disembelih pada hari raya Idul Adha di Masjid Istiqlal Jakarta, Senin (19/7). (Foto: Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden) /

KARANGANYARNEWS, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan 1 ekor sapi jenis limosin cross dengan beray 1.199 kilogram kepada pengurus Masjid Istiqlal untuk disembelih pada hari raya Idul Adha 1442 Hijirah yang jatuh pada hari ini, Selasa (20/7).

Penyerahan hewan kurban dilakukan secara simbolis  oleh Kepala Biro Administrasi Sekretariat Presiden, Sony Kartiko, kepada Ketua Harian Badan Pengelola Masjid Istiqlal, K.H. Asep Syaifuddin, Senin (19/7).

“Menyerahkan satu ekor sapi seberat 1 ton lebih, untuk kurban di masjid istiqlal, semoga bisa bermanfaat untuk masjid istiqlal dan warga sekitarnya,” kata Sony.

Sapi yang disumbangkan Jokowi untuk Masjid Istiqlal Jakarta Pusat ini berasal dari daerah Pancoran.

Selain berkurban di Jakarta, Jokowi juga melakukan kurban di 34 provinsi lainnya. Sehingga total sapi yang dipersiapnya sebanyak 35 ekor.

"Total sapi yang dipersiapkan ada 35 ekor, setiap provinsi (mendapat) satu ekor dan ada satu ekor untuk (Masjid) Istiqlal," kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono di Jakarta, Kamis (15/7).

Sapi kurban Presiden tersebut telah diperiksa oleh dokter hewan dan mendapatkan sertifikat kesehatan hewan yang menyatakan sapi tersebut sehat dan tidak menunjukkan adanya penyakit hewan menular strategis (PHMS).

"Semua telah disterilisasi oleh Dinas Peternakan daerah," kata Heru.

Sekretariat presiden bersama kementrian pertanian mengontrol hewan kurban tersebut melalui dokter setempat.

Halaman:

Editor: Zening Demaringtyas


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah