Ganjar Minta Bansos Segera Disalurkan Selama Perpanjangan PPKM Darurat

- 21 Juli 2021, 13:04 WIB
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo meminta bantuan sosial untuk masyarakat segera tersalurkan, karena perpanjangan PPKM Darurat dirasa cukup memberatkan. (Foto: Kominfo Jateng)
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo meminta bantuan sosial untuk masyarakat segera tersalurkan, karena perpanjangan PPKM Darurat dirasa cukup memberatkan. (Foto: Kominfo Jateng) /

KARANGANYARNEWS, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan keputusan untuk memperpanjang masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat hingga 25 Juli 2021 cukup memberatkan masyarakat. Sehinga ia meminta seluruh jajaran pemerintah Kabupaten/Kota serta seluruh pihak terkait memastikan bantuan sosial (Bansos) tersalurkan.

Menurutnya jika PPKM Darurat diperpanjang, pemerintah harus segera menyalurkan bansos baik yang bersumber dari APBN mauapun APBD agar masyarakat tenang.

“Karena keputusannya sudah diperpanjang, yang mesti dilakukan adalah bansosnya dikeluarkan. Tidak hanya yang bersumber dari APBN maupun APBD, bantuan sumber lain juga harus disalurkan," kata Ganjar, Rabu (21/7).

Ia menungkapkan jika PPKM Darurat diperpanjang perlu pertimbangan soal beban rumah sakit yang mungkin bertambah.

"Kan hanya ada dua kemungkinan, diperpanjang apa tidak. Kalau diperpanjang bansosnya harus keluar agar masyarakat tenang. Tapi kalau tidak diperpanjang, kita mesti menghitung kondisi rumah sakit yang faktanya sekarang rumah sakit, tenaga kesehatan, oksigen semuanya repot," imbuhnya.

Ganjar menginstruksikan pada seluruh Bupati/Wali Kota untuk segera meluncurkan bansos. Sedangkan sumber bansos lain seperti CSR, Baznas dan lainnya harus dipastikan tersalurkan.

"Kita punya gerakan ASN jajan untuk membantu UKM. Ayo dilaksanakan. Pastikan bantuan dari pusat, dari Provinsi maupun Kabupaten/Kota dikeluarkan hari ini. Karena keputusannya sudah jelas diperpanjang, maka bantuan keluarkan semuanya," tegasnya.

Pihaknya telah berkoordinasi dengan pemerintah pusat untuk memastikan bantuan yang disalurkan tepat sasaran.

"Presiden sudah memerintahkan, bansosnya sampai apa tidak, untuk PKL ada apa tidak. Maka tadi saya langsung rapat dengan teman-teman untuk memastikan itu. Kami petakan dari pusat, bansosnya dikeluarkan. Kami juga minta tembusan agar bisa kami pastikan pelaksanaannya di bawah," tegasnya.

Halaman:

Editor: Zening Demaringtyas


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah