Inovasi Jambu Carlin Klaten , Cara Pinjam Buku Online di Masa Pandemi

- 9 Agustus 2021, 20:14 WIB
Layanan excellent bertajuk layanan Jambu Carlin, perpustakaan Kabupaten Klaten online
Layanan excellent bertajuk layanan Jambu Carlin, perpustakaan Kabupaten Klaten online /Kustawa Esye/

KARANGANYARNEWS - Masa stay at home alias di rumah saja, tidak harus menghalangi aktifitas membaca buku. Dinas Arsip dan Perpustakaan Klaten,  Senin, 09 Agustus 2021 meluncurkan program service excellent bertajuk layanan Jambu Carlin.

Penasaran apa itu? Jambu Carlin, adalah kepanjangan dari Pinjam Buku Cara On line. Jadi masyarakat untuk pinjam buku tidak harus datang ke Kanjengan, cukup cari nomor WhatsApp petugas, pilih buku yang diminati langsung klik. Besok buku sudah dikirim petugas dan gratis.

Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Klaten Syahruna mengatakan kalau masa pandemi ini tingkat kunjungan ke perpustakaan Klaten menurun. Jadi butuh terobosan agar layanan pustaka tetap berjalan.

Baca Juga: Jejak ‘Juragan’ Terkaya se Pulau Jawa Terkubur di Ampel, Boyolali

Beberapa waktu lalu layanan pustaka Klaten sempat ditutup karena pandemi. Praktis layanan berhenti dan hanya kegiatan penataan.

"Tapi kondisi ini memaksa teman-teman pustakawan untuk membuat terobosan agar layanan pinjam buku tetap berjalan dan masyarakat mau membaca,” terang Syahruna kepada Tim Berita Dinas Kominfo Klaten, Senin, 09 Agustus 2021.

Ditambahkan kalau layanan Jambu Carlin ini berbasis WhatsApp. Aplikasi yang semua orang sudah familiar, sehingga dipilih sebagai basis layanan.

Baca Juga: Eksotik Nan Sensasional, Hutan Salju Ala Eropa Ada di Gunung Lawu

Warga yang butuh buku cukup wa saja. Nomor nya adalah 0895-6163-3330. Tapi terlebih dulu sudah dipastikan buku yang dimaksud ada di koleksi kami.

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x