Naskah Asli Teks Proklamasi Kembali Hadir di Istana Merdeka

- 16 Agustus 2021, 21:47 WIB
Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2021 besok akan kembali menghadirkan naskah asli teks Proklamasi yang ditulis tangan Ir Soekarno. (Foto: BPMI Setpres/Kris)
Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2021 besok akan kembali menghadirkan naskah asli teks Proklamasi yang ditulis tangan Ir Soekarno. (Foto: BPMI Setpres/Kris) /

KARANGANYARNEWS - Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2021 besok akan kembali menghadirkan naskah asli teks Proklamasi yang ditulis tangan Ir Soekarno.

Sekretariat Presiden mengunjungi Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) untuk melakukan serah terima naskah asli teks Proklamasi pada Senin, 16 Agustus 2021. Dokumen bersejarah itu nantinya akan ditampilkan di mimbar kehormatan saat upacara berlangsung di halaman Istana Merdeka.

“Pada pagi hari ini, secara bersama-sama kita saksikan arsip negara, yaitu naskah teks Proklamasi tulisan tangan Bung Karno yang merupakan bukti sejarah bernilai sangat tinggi, bernilai sangat berharga untuk kita semua bangsa Indonesia,” ujar Kepala Biro Administrasi Sekretariat Presiden, Sony Kartiko di Gedung O, ANRI, Jakarta Selatan.

Baca Juga: Memaknai Falsafah Filosofi Tempeng HUT Kemerdekaan RI

“Kami telah terima dari ANRI yang selanjutnya akan kami bawa ke Istana Merdeka dan rencananya besok pada 17 Agustus 2021, dokumen tersebut akan dihadirkan dan disandingkan dengan bendera pusaka pada Upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang berada di mimbar kehormatan,” tambahnya, dilansir dari laman resmi Presiden RI, presidenri.go.id.

Proses serah terima dilakukan Direktur Preservasi ANRI Kandar kepada Kepala Biro Administrasi Sekretariat Presiden Sony Kartiko, disaksikan Kepala ANRI Imam Gunarto, Plt Deputi Konservasi Arsip ANRI Multi Siswati, Kepala Biro Perencanaan dan Humas ANRI Widarno, dan Kepala Biro Umum Sekretariat Presiden Erry Hermawan.

Setelah dilakukannya proses serah terima naskah asli teks Proklamasi, arsip tersebut selanjutnya akan dibawa dari tempat penyimpanan arsip statis ANRI menuju Istana Merdeka oleh Sekretariat Presiden.

Kehadiran teks proklamasi diharapkan dapat menambah kekhidmatan pada Upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

Dokumen sejarah tersebut akan segera dikembalikan kepada ANRI seusai Upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia untuk mendapatkan perawatan terbaik.

Halaman:

Editor: Andi Penowo

Sumber: presidenri.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x