Tetap Siaga dan Waspada, Kendati Penanganan Covid di Jateng Kian Membaik

- 16 Agustus 2021, 22:14 WIB
Gubernur Ganjar Pranowo bersama Pj Sekda Pemprov Jawa Tengah, Prasetyo Aribowo
Gubernur Ganjar Pranowo bersama Pj Sekda Pemprov Jawa Tengah, Prasetyo Aribowo /Kustawa Esye/

KARANGANYARNEWS - Kondisi penanganan Covid-19 di Jawa Tengah menunjukkan hasil positif. Dari minggu ke minggu, kondisi pandemi di Jateng sudah membaik.

Dalam rapat penanganan Covid-19, Senin 16 Agustus 2021, Pj Sekda Jateng, Prasetyo Aribowo menerangkan, angka positivity rate di Jateng turun dari minggu ke-31 yakni 26,07 persen menjadi 21,20 persen di minggu ke-32.

"Indikator asessment level juga menurun, dari beberapa daerah yang awalnya masuk level 4 sekarang menjadi level 3," katanya.

Baca Juga: Jaga Pasokan Oksigen Medis, Pemprov Jateng Utus BUMD dan Maksimalkan CSR

Upaya testing dan tracing juga sudah menunjukkan hasil cukup bagus. Ditambah bed occupancy rate (BOR) di Jateng juga terus menurun.

"BOR saat ini untuk ICU sebesar 55,04 persen, turun dari pekan sebelumnya 62,02 persen. Untuk BOR isolasi juga menurun, dari 43,62 persen minggu ke-31 saat ini menjadi 35,16 persen," jelasnya.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengatakan memang kondisi pandemi di Jateng turun bagus. Hanya ada beberapa daerah seperti Klaten, Cilacap, Banyumas dan Temanggung yang kenaikannya cukup tinggi.

Baca Juga: Program ‘Aku Sedulurmu’ Polda, Inlini Program Pemprov Jateng

"Kalau kita pakai asessment level, hanya ada satu daerah yang merah yakni Kota Magelang. Lainnya sudah orange bahkan ada yang kuning yakni Demak. Kalau kita pakai data kita, indikator epidemologis, belum ada yang kuning, orange semuanya. Yang merah hanya Wonogiri, Kabupaten Magelang dan Banyumas masih merah. Kecamatannya hanya sedikit, kalau dilihat perdesa sudah banyak yang hijau," ucapnya.

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x