5 Kebiasaan Buruk Bisa Sebabkan Penyakit Kronis, Sering Tak Disadari Gen Z hingga Milenial

- 7 Mei 2024, 23:33 WIB
5 kebiasaan buruk bisa sebabkan penyakit kronis. Kebiasaan hidup kurang teratur dan tak sehat sering kali dialami kaum milenial, bahkan gen z. (Foto: Pixabay/Demiahl).
5 kebiasaan buruk bisa sebabkan penyakit kronis. Kebiasaan hidup kurang teratur dan tak sehat sering kali dialami kaum milenial, bahkan gen z. (Foto: Pixabay/Demiahl). /
 
KARANGANYARNEWS - 5 Kebiasaan Buruk Bisa Sebabkan Penyakit Kronis. Kebiasaan hidup kurang teratur dan tak sehat sering kali dialami kaum milenial, bahkan gen z. Banyaknya makanan cepat saji dan kurang sehat menjadi santapan favorit bagi kebanyakan orang. 
 
Jika memilih pola makan dan gaya hidup sehat, sejatinya akan menurunkan risiko terkena penyakit kronis, bahkan memperpanjang usia. 
 
Berikut beberapa kebiasaan buruk manusia yang dapat menyebabkan penyakit kronis, dirangkum dari berbagai sumber.
 
 
1. Jarang Bergerak atau Olahraga
 
Gen z atau remaja zaman sekarang lebih disibukkan dengan penggunaan gadget yang mempermudah segala hal. Kemudahan belanja online, membeli makanan secara delivery, hingga transportasi online membuat mereka jarang bergerak atau bahkan berolahraga. Hal itu menjadi salah satu faktor utama dalam meningkatkan risiko kematian dini.
 
2. Begadang
 
Salah satu kebiasaan sering dilakukan kebanyakan orang, yakni begadang. Entah dalam hal bersenang-senang atau melakukan suatu hal produktif seperti mengerjakan tugas atau bekerja. 
 
Hal ini menjadikan kebiasaan yang mengorbankan waktu normal manusia, padahal di jam malam tubuh sudah diharuskan istirahat. Jika dipaksa akan memicu berbagai penyakit dalam tubuh.
 
 
3. Merokok
 
Indonesia menjadi salah satu negara cukup tinggi dalam hal konsumsi rokok, padahal Badan Kesehatan Dunia (WHO) mencatat rokok menyebabkan setidaknya 6 juta kematian setiap tahun. Hal itu dikarenakan banyaknya bahan kimia dalam rokok.
 
4. Pola Makan Tak Sehat
 
Banyaknya makanan cepat saji mengandung lemak, gula, dan garam tinggi sangat berbahaya bagi tubuh. Kondisi ini dapat menimbulkan efek negatif jangka panjang dan berbagai penyakit kronis lainnya.
 
 
5. Alkohol
 
Minuman mengandung alkohol sebaiknya dihindari dikonsumsi karena bisa menyebabkan cedera dan penyakit organ tubuh mematikan. ***
 
 

Editor: Andi Penowo

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah