Jadi Pembunuh ke-10, Waspadai Penyakit Ginjal: Kenali Ciri dan Cara Pencegahan!

- 18 Maret 2022, 23:38 WIB
Masyarakat perlu mewaspadai penyakit ginjal dengan melakukan pencegahan sedini mungkin dan mengenali ciri-cirinya. (Ilustrasi: Pixabay/Mohamed Hassan)
Masyarakat perlu mewaspadai penyakit ginjal dengan melakukan pencegahan sedini mungkin dan mengenali ciri-cirinya. (Ilustrasi: Pixabay/Mohamed Hassan) /

KARANGANYARNEWS - Penyakit ginjal menjadi penyebab kematian kesepuluh di Indonesia dengan jumlah kematian lebih dari 42 ribu per tahun. Masyarakat perlu mewaspadai penyakit itu dengan melakukan pencegahan sedini mungkin dan mengenali ciri-ciri dari penyakit ginjal.

Ginjal berfungsi untuk membuang sisa metabolisme dalam tubuh.

Semua proses dalam tubuh akan dibuang melalui hati dan ginjal, pembuangan dari ginjal disalurkan melalui urine, sedangkan pembuangan dari hati itu melalui anus.

Fungsi ginjal selain memproduksi urine adalah sebagai keseimbangan cairan, misal saat suhu udara dingin, tubuh akan lebih sering buang air kecil, namun kalau suhu udara panas tubuh akan merasa kekurangan cairan.

Baca Juga: Tarif Layanan Permohonan Sertifikasi Halal, Cek di Sini!

Ketua Perhimpunan Nefrologi Indonesia (Pernefri), Zulkhair Ali, mengatakan kalau ginjal tidak berfungsi akan terjadi gagal ginjal.

Ia menyebut, penyakit ginjal yang umum dialami adalah batu ginjal, infeksi ginjal, radang ginjal, ginjal karena diabetes, ginjal karena hipertensi, ginjal karena lupus, dan ginjal karena polikistik.

Penyakit-penyakit itu dapat menurunkan fungsi ginjal.

Fungsi ginjal dapat dibagi dua, umumnya gangguan ginjal akut dan penyakit ginjal kronik. Pada penyakit ginjal kronik ada fase dinamakan akut on kronik.

Halaman:

Editor: Andi Penowo

Sumber: kemkes.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x