Amankan PON XX Papua, 9.986 Prajurit TNI-Polri Diterjunkan

- 11 September 2021, 00:17 WIB
Pasukan TNI-Polri yang dikerahkan untuk pengamanan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua mencapai 9.986 orang (Foto Ilustrasi: Pixabay/tprzem)
Pasukan TNI-Polri yang dikerahkan untuk pengamanan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua mencapai 9.986 orang (Foto Ilustrasi: Pixabay/tprzem) /

KARANGANYARNEWS – Pasukan TNI-Polri yang dikerahkan untuk pengamanan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua mencapai 9.986 orang. Ribuan aparat akan disebar di empat daerah penyelenggara PON.

"Pola pengamanan yang kami lakukan adalah kami menerapkan protokol kesehatan yang cukup ketat, terutama di venue-venue maupun akomodasi atlet," kata Karo Ops Polda Papua, Kombes Pol Tri Atmodjo Marawasianto, Kamis, 9 September 2021, dilansir dari Portal Berita Resmi Polri, TribrataNews.

Karo Ops Polda Papua menambahkan, pengamanan melibatkan 1.686 orang pasukan Korps Brigade Mobil (Brimob) se-Nusantara.

Polda Papua menerjunkan 5.500 personel. TNI juga mengerahkan sekira 2.800 anggota untuk membantu mengamankan PON Papua.

Baca Juga: Covid-19 Tak akan Hilang, Jokowi: Siapkan Transisi dari Pandemi ke Endemi!

Dengan demikian, total pasukan pengamanan yang berjaga mencapai 9.986 orang.

Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius D Fakhiri, mengatakan pihaknya bakal lebih ekstra mengamankan gelaran PON untuk mengantisipasi ancaman gangguan dari Organisasi Papua Merdeka (OPM) atau kelompok kriminal bersenjata (KKB).

"Kami akan melakukan pagar betis. Di samping itu, kami juga sudah minta penambahan kekuatan, khususnya dari Satgas Nemangkawi," ujarnya.

Kapolda Papua menyebut, pihaknya telah menangkap salah seorang pimpinan KKB yang kerap melakukan aksi pembunuhan di wilayah Yahukimo, Senat Soll beserta sejumlah anggotanya lainnya.

Halaman:

Editor: Andi Penowo

Sumber: TribrataNews


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah