3 Strategi TNI Sukseskan Program Vaksinasi Nasional

- 14 September 2021, 23:30 WIB
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) telah menginstruksikan TNI dan Polri untuk turut mendukung program penanganan Covid-19, termasuk program vaksinasi nasional. (Foto Ilustrasi: Pixabay/whitesession)
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) telah menginstruksikan TNI dan Polri untuk turut mendukung program penanganan Covid-19, termasuk program vaksinasi nasional. (Foto Ilustrasi: Pixabay/whitesession) /

KARANGANYARNEWS - Asisten Operasi (Asops) Panglima TNI Mayjen Syafruddin mengungkapkan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) telah menginstruksikan TNI dan Polri untuk turut mendukung program penanganan Covid-19, termasuk program vaksinasi nasional.

“Tidak hanya dalam sisi pengamanan stok maupun distribusi vaksin, TNI juga membantu dalam pelaksanaannya,” kata Mayjen Syafruddin dalam keterangan pers menyambut kedatangan vaksin Covid-19 tahap ke-61 di Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten secara virtual, Selasa, 14 September 2021.

Asops Panglima TNI menjelaskan dalam melaksanakan vaksinasi, TNI menerapkan tiga strategi.

Baca Juga: Kedatangan 1,8 Juta Dosis Vaksin Sinovac, Pemerintah Pastikan Stok Vaksin Aman

Pertama, dengan cara statis melibatkan 109 rumah sakit dan 694 fasilitas kesehatan tingkat pertama TNI.

Kedua, secara mobile atau vaksinasi dari pintu ke pintu (door to door).

Ketiga,  melalui Program Serbuan Vaksinasi melibatkan tiga pilar, yakni Dinas Kesehatan, TNI, dan Polri.

Hingga saat ini, TNI telah mengerahkan sebanyak 10.867 orang tenaga kesehatan sebagai vaksinator untuk melaksanakan vaksinasi di 34 provinsi di Indonesia.

“TNI telah melaksanakan vaksinasi mulai Bulan Maret 2021. Sampai dengan sekarang telah mencapai 14.027.775 [suntikan], yaitu 10.730.464 dosis satu dan 3.297.311 dosis dua,” jelasnya, dilansir dari laman resmi Sekretariat Kabinet RI, setkab.go.id.

Halaman:

Editor: Andi Penowo

Sumber: setkab.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah