Mangkunegaran Sudah Tak Punya Kekuasaan Tak Banyak Aset, Mangkunegara Tak Perlu Diperebutkan

- 4 November 2021, 20:10 WIB
Seminar bertajuk "Memetri Nilai-nilai Mangkunegaran dalam Tantangan Masa Depan" di Solo, Rabu (3/11/2021).
Seminar bertajuk "Memetri Nilai-nilai Mangkunegaran dalam Tantangan Masa Depan" di Solo, Rabu (3/11/2021). /Istimewa/

KARANGANYARNEWS-Sejarawan Universitas Sebelas Maret Surakarta Susanto mengatakan suksesi di Mangkunegaran kini hanya sekadar menentukan pemimpin kadipaten.

Sebab, menurut Susanto, kondisi Mangkunegaran saat ini sudah jauh berbeda dari masa terdahulu. Karena asetnya sudah tidak ada, gaji juga sangat minim.

"Sekarang sudah bukan waktunya ontran-ontran, tetapi lebih baik bagaimana mengembangkan budaya," kata dosen Sejarah Fakultas Ilmu Budaya UNS itu.

Hal itu dikatakan ketika menjadi pembicara dalam seminar bertajuk "Memetri Nilai-nilai Mangkunegaran dalam Tantangan Masa Depan" di Solo, Rabu (3/11/2021). Selain Susanto, pembicara yang dihadirkan adalah sejarawan Universitas Gadjah Mada Suhartono Wiryopranoto dan budayawan Solo, ST Wiyono.

Susanto punya cerita. Pada masa peralihan Mangkunegara IV ke Mangkunegara V terjadi hal menarik. Saat itu salah satu calon pewaris justru legawa menyerahkan jabatan kepada adiknya.

Mangkunegara IV ke V itu bukan anak dari istri pertama tapi kedua. Calon itu sebenarnya komandan legiun, tapi menyerahkan ke adiknya untuk jadi Mangkunegara V.

"Itu saat Mangkunegara masih punya kekuasaan, punya harta besar, tapi kalau sekarang kan tidak," ungkap Susanto.

Susanto mengingatkan agar tidak terjadi perpecahan, siapa pun yang nantinya menjadi Mangkunegara X. Pihaknya berharap, Mangkunegaran bisa berkembang meski tak lagi memiliki banyak aset.

"Dalam suksesi di Mangkunegaran ini tidak boleh benthet atau menimbulkan keretakan. Lebih baik memikirkan bagaimana Mangkunegaran ini berkembang dengan budayanya. Karena negarasebetulnya bergantung dengan budaya," kata Susanto.

Halaman:

Editor: Langgeng Widodo


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah