Lepas 419 Jamaah Umrah ke Tanah Suci, Kemenag : Jaga Nama Baik Indonesia

- 8 Januari 2022, 17:17 WIB
Pelepasan jamaah umrah di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Sabtu (8/1/2022).
Pelepasan jamaah umrah di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Sabtu (8/1/2022). /Antara/

KARANGANYARNEWS-Kementerian Agama (Kemenag) melepas 419 jamaah yang akan melaksanakan ibadah umrah ke tanah suci, Sabtu (8/1/2022).

Pelepasan itu adalah yang pertama, setelah beberapa tahun terakhir Indonesia absen tidak mengirimkan jamaah akibat pandemi Covid-19.

Menurut Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Hilman Latief, rencana awal pemberangkatan jamaah umrah itu sebenarnya sudah ditetapkan pada Desember 2021 lalu.

Namun, menurut Hilman, Kemenag masih menahan dan bahkan membatalkan rencana itu setelah melihat kondisi pandemi Covid-19 pada akhir tahun.

"Semoga Allah  subhanahu wa ta'ala meridai kita untuk memberi pelayanan terbaik bagi jamaah umrah, serta bangsa dan negara," kata dia dalam keterangan tertulis, Sabtu (8/1/2022).

Hilman Latief berpesan agar para jamaah mematuhi aturan pencegahan penularan Covid-19 baik di tanah air atau Arab Saudi. Jaga kepercayaan Pemerintah Indonesia dan Arab Saudi.

"Tunjukkan bahwa jamaah umrah Indonesia patuh pada aturan, khususnya patuh pada protokol kesehatan yang telah ditetapkan," kata dia.

Kemenag kini tengah memfinalisasi peraturan tentang penyelenggaraan umrah di masa pandemi. Termasuk yang terkait integrasi sistem dengan pemerintah Arab Saudi. Hal ini untuk terus meningkatkan kualitas layanan dan perlindungan jamaah.

Proses verifikasi sertifikasi vaksin, tes kesehatan, karantina, dan screening kesehatan dilaksanakan secara mudah, cepat, valid, akurat, serta menjamin kepatuhan persyaratan yang telah ditentukan oleh kedua negara, Indonesia dan Arab Saudi.

Halaman:

Editor: Langgeng Widodo


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah