Sidang Isbat Awal Ramadan 1443 H Digelar 1 April secara Hybrid

- 14 Maret 2022, 20:35 WIB
Kemenag) akan menggelar Sidang Isbat (penetapan) Awal Ramadan 1443 Hijriah secara hybrid pada Jumat, 1 April 2022 atau bertepatan dengan 29 Syakban 1443 Hijriah. (Foto ilustrasi: Pixabay/mohamed_hassan)
Kemenag) akan menggelar Sidang Isbat (penetapan) Awal Ramadan 1443 Hijriah secara hybrid pada Jumat, 1 April 2022 atau bertepatan dengan 29 Syakban 1443 Hijriah. (Foto ilustrasi: Pixabay/mohamed_hassan) /

KARANGANYARNEWS - Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar Sidang Isbat (penetapan) Awal Ramadan 1443 Hijriah secara hybrid pada Jumat, 1 April 2022 atau bertepatan dengan 29 Syakban 1443 Hijriah.

“Masih pandemi, sidang akan kembali digelar secara hybrid, dalam arti gabungan antara daring (dalam jaringan) dan luring (luar jaringan) dengan menerapkan protokol kesehatan," kata Dirjen Bimas Islam, Kamaruddin Amin di Jakarta, Senin, 14 Maret 2022, dilansir dari laman resmi Kementerian Agama RI, kemenag.go.id.

Pihaknya menjelaskan, secara luring sidang isbat akan digelar di Auditorium HM Rasjidi Kemenag, Jalan MH Thamrin, Jakarta.

Baca Juga: Baby Margaretha Berduka! Suami Meninggal Dunia Mendadak, Dimakamkam Hari Ini

Jumlah peserta yang hadir dibatasi sesuai ketentuan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Sementara, sebagian peserta lainnya akan berpartisipasi melalui telekonferensi melalui jaringan internet.

"Meski lebih longgar dari ketentuan tahun sebelumnya, kita tetap harus mematuhi protokol kesehatan. Misalnya, ruang sidang telah disemprot disinfektan dan tempat duduk diatur berjarak. Peserta juga akan diperiksa suhu tubuh dan harus menggunakan masker," jelas Kamaruddin Amin.

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais Binsyar) Kemenag, Adib menambahkan, sidang isbat digelar sesuai Fatwa MUI Nomor 2 Tahun 2004 tentang Penetapan Awal Ramadan, Syawal, dan Zulhijah.

Baca Juga: Gempa M6,9 Guncang Siberut Mentawai Hari Ini, BMKG: Berpotensi Destruktif

Halaman:

Editor: Andi Penowo

Sumber: kemenag.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x