Kabar Baik! Anak di Bawah 18 Tahun Boleh Mudik Tanpa Booster dan Tes Covid-19

- 18 April 2022, 22:41 WIB
Pemerintah memutuskan anak di bawah 18 tahun yang telah mendapatkan vaksinasi dosis kedua dapat melakukan mudik tanpa perlu vaksinasi booster dan tes Covid-19. (Foto ilustrasi: Pixabay/StockSnap)
Pemerintah memutuskan anak di bawah 18 tahun yang telah mendapatkan vaksinasi dosis kedua dapat melakukan mudik tanpa perlu vaksinasi booster dan tes Covid-19. (Foto ilustrasi: Pixabay/StockSnap) /

KARANGANYARNEWS - Pemerintah memutuskan anak-anak dan remaja telah mendapatkan vaksinasi dosis kedua dapat melakukan mudik tanpa perlu menunjukkan hasil tes Covid-19, baik PCR maupun Antigen.

Keputusan ini diambil setelah pemerintah memerhatikan dinamika di masyarakat terkait kebijakan vaksin penguat (booster) sebagai salah satu syarat mudik.

Hal itu disampaikan Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin dalam keterangannya di Kantor Presiden, Jakarta, Senin, 18 April 2022, usai Rapat Terbatas mengenai Evaluasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dipimpin Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Baca Juga: Rombongan Grup Musik Debu Kecelakaan Tragis, Begini Kondisi Personelnya

“Kita memang mensyaratkan booster kalau tidak mau dites antigen atau PCR untuk mudik, tapi booster ini kan hanya diberikan 18 tahun ke atas. Jadi memang ada dinamika. Ini kalau anak-anak di bawah 18 tahun gimana? Mau di-booster juga belum boleh. Jadi akhirnya diputuskan oleh Bapak Presiden anak-anak, remaja, kalau mau mudik belum di-booster enggak apa-apa, enggak usah dites antigen,” jelas Budi Gunadi Sadikin, dilansir dari laman resmi Sekretariat Kabinet RI, setkab.go.id.

Dengan keputusan ini, pemerintah berharap anak-anak dapat menikmati mudik bersama keluarga.

“Jadi bisa mendampingi orangtuanya untuk mudik tanpa perlu tes PCR atau antigen, asal vaksinasinya sudah dua kali,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Menkes juga mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak, baik TNI, Polri, BIN, dan pemerintah daerah yang turut bekerja keras menyukseskan program vaksinasi nasional.

Baca Juga: Fakta-Fakta Pembunuhan Mahasiswa Kedokteran UB, Pelaku Ikut Takziah dan Kerap Meminta Uang Korban

Halaman:

Editor: Andi Penowo

Sumber: setkab.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x