Eril Ditemukan, Jokowi Instruksikan Kemlu dan Dubes Bantu Kepulangan Jenazah

- 10 Juni 2022, 16:50 WIB
Presiden Jokowi menginstruksikan Kemlu dan Duta Besar RI untuk Swiss memberikan dukungan penuh terkait proses pemulangan jenazah Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril. (Foto: Instagram/@ataliapr)
Presiden Jokowi menginstruksikan Kemlu dan Duta Besar RI untuk Swiss memberikan dukungan penuh terkait proses pemulangan jenazah Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril. (Foto: Instagram/@ataliapr) /

KARANGANYARNEWS - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) telah menginstruksikan Kementerian Luar Negeri (Kemlu) dan Duta Besar RI untuk Swiss memberikan dukungan penuh terkait proses pemulangan jenazah putra Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril.

Hal itu disampaikan presiden dalam keterangannya kepada jurnalis usai meresmikan Persemaian Rumpin di Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, Jumat, 10 Juni 2022.

“Dua hari yang lalu saya sudah berkomunikasi dengan Pak Ridwan Kamil untuk menyampaikan duka cita yang mendalam, tapi juga alhamdulillah sudah ditemukan. Saya sudah perintahkan kepada Kementerian Luar Negeri, pada Dubes untuk secara maksimal membantu kepulangan jenazah dari Swiss ke Indonesia dan kita harapkan Insyaa Allah segera bisa terlaksana pemulangan jenazahnya,” ungkap Jokowi, dilansir dari laman resmi Sekretariat Kabinet RI, setkab.go.id.

Baca Juga: Maasyaa Allah! Ridwan Kamil Ungkap Jenazah Eril Masih Utuh dan Wangi

Sebelumnya pada Kamis, 9 Juni 2022, Duta Besar RI untuk Swiss, Muliaman Hadad, menyampaikan kabar penemuan jenazah di area Bendungan Engehalde oleh Kepolisian Bern sekira pukul 06.50 waktu setempat atau 11.50 WIB.

Sesuai prosedur berlaku, tim forensik kepolisian segera melakukan identifikasi dan penelusuran DNA untuk memastikan jasad ditemukan itu adalah Eril.

“Pada Hari Kamis, 9 Juni 2022 siang waktu Swiss, pihak kepolisian menyampaikan konfirmasi bahwa hasil tes DNA jasad yang ditemukan kemarin adalah ananda Emmeril Kahn Mumtadz atau ananda Eril,” kata Muliaman Hadad dalam konferensi persnya.

Eril diketahui hilang terseret arus saat berenang di Sungai Aare, Kota Bern, Swiss pada Kamis, 26 Mei 2022 lalu. ***

Editor: Andi Penowo

Sumber: setkab.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah