Sambut World Superbike, PLN Sediakan Listrik Tanpa Kedip di Mandalika

- 12 November 2021, 00:11 WIB
PLN menyediakan listrik andal tanpa kedip di Sirkuit Mandalika guna mendukung lomba balap motor internasional World Superbike (WSBK) 2021. (Foto: Unsplash/Philip Myrtorp)
PLN menyediakan listrik andal tanpa kedip di Sirkuit Mandalika guna mendukung lomba balap motor internasional World Superbike (WSBK) 2021. (Foto: Unsplash/Philip Myrtorp) /

KARANGANYARNEWS - PT PLN (Persero) berkomitmen menyediakan listrik andal tanpa kedip di Sirkuit Mandalika guna mendukung perhelatan lomba balap motor internasional. Tak tanggung-tanggung, investasi yang digelontorkan mencapai Rp47,5 miliar.

Gelaran World Superbike (WSBK) 2021 bakal dihelat di Sirkuit Mandalika pada 19 hingga 23 November 2021 mendatang. Selain Superbike, balapan motor juga akan dibuka dengan ajang Idemitsu Asian Talent Cup (IATC) pada 12 hingga 14 November 2021.

Executive Vice President Komunikasi Korporat dan TJSL PLN, Agung Murdifi mengatakan, untuk bisa mendukung dua gelaran internasional itu, PLN menerapkan skema zero down time agar pasokan listrik andal tanpa kedip.

Agung Murdifi menjelaskan, PLN sudah siap untuk melistriki Jalan Kawasan Khusus, sirkuit Mandalika dengan daya dibutuhkan sebesar 5,19 Mega Volt Ampere (MVA).

Baca Juga: Jadi Tersangka, Tubagus Joddy Sopir Vanessa Angel Resmi Ditahan

"Investasi yang dikeluarkan PLN sebesar Rp47,5 miliar khusus untuk merealisasikan skema zero down time atau layanan tanpa kedip. Ini dukungan penuh PLN untuk menyukseskan IATC dan WSBK, dan nanti MotoGP pada 2022, " kata dia, dilansir dari laman resmi Kementerian Badan Usaha Milik Negara, bumn.go.id.

Adapun guna memastikan pasokan listrik tetap aman, PLN juga menyiapkan sistem kelistrikan cadangan dengan 6 Unit Mobile Trafo, 7 unit genset dengan total kapasitas 3.200 kiloWatt (kW), dan 9 unit Uninterrutible Power Supply (UPS) berkapasitas 1.070 kiloVolt Ampere (kVA).

"Kami mendatangkan 4 unit UPS dari beberapa PLN unit lain di luar NTB, yaitu NTT, Jakarta dan Bali. Sedangkan 2 unit dari Sumbawa dan 1 dari Mataram. Adapun untuk genset, 2 unit kami mobilisasi dari Jeranjang, dan sebagian lain dari Sumbawa dan Bima," urai Agung Murdifi.

Koordinasi dengan ITDC juga terus dilakukan guna memastikan kesiapan listrik di masing masing venue. Terdapat beberapa titik vital, yakni race control, bright store, TV compound, medical center, observation deck dan juga pit building.

Halaman:

Editor: Andi Penowo

Sumber: BUMN.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x