MotoGP Mandalika: Warga Lombok Ikut Kecipratan Rezeki, Rumah Di-upgrade

- 19 Maret 2022, 17:42 WIB
PT PLN (Persero) siap memberikan layanan listrik tanpa kedip untuk mendukung pelaksanaan tes pramusim MotoGP di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat pada 11 hingga 13 Februari 2022. (Dok. Instagram/@hrc_motogp)
PT PLN (Persero) siap memberikan layanan listrik tanpa kedip untuk mendukung pelaksanaan tes pramusim MotoGP di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat pada 11 hingga 13 Februari 2022. (Dok. Instagram/@hrc_motogp) /

KARANGANYARNEWS - Perhelatan MotoGP yang digelar di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB), 18 hingga 20 Maret ini diyakini akan membawa manfaat ekonomi bagi masyarakat setempat.

“Benar-benar MotoGP ini menjadi promosi wisata yang sangat besar bagi Mandalika, termasuk untuk ekonomi di Mandalika,” kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono di Podkabs (Podcast Kabinet dan Sekretariat Kabinet), yang tayang perdana Jumat, 18 Maret 2022 di kanal YouTube dan Spotify Sekretariat Kabinet (Setkab).

Dalam rangka mendukung ajang balap motor internasional itu, pihaknya melakukan sejumlah pembangunan infrastruktur pendukung dan penataan di kawasan Mandalika.

Baca Juga: Kaos Welcome to Mandalika Laris Manis di Pintu Masuk Sirkuit, Segini Nih Harganya

Pertama, pemerintah telah membangun jalan bypass menghubungkan Bandara Internasional Lombok (BIL) dengan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika.

Jalan sepanjang 17,3 kilometer diresmikan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di akhir tahun lalu dapat memangkas waktu tempuh antara bandara dengan KEK Mandalika.

Kemudian juga dilakukan penataan Jalan Bypass BIL-Mandalika tersebut dengan mengedepankan estetika melalui kegiatan penghijauan dan penataan koridor jalan.

“Itu tidak hanya (membangun) jalannya, tapi sekarang kita juga termasuk penghijauannya karena kita ingin menunjukkan pada dunia bahwa kita membangun berdasarkan kaidah-kaidah lingkungan,” ujar Basuki, dilansir dari laman resmi Sekretariat Kabinet RI, setkab.go.id.

Selanjutnya, pemerintah melalui Kementerian PUPR juga melakukan pelebaran Jalan Kuta-Keruak dengan menambah lajur eksisting menjadi empat lajur, pembuatan saluran drainase beton di tepi luar badan jalan, dan perbaikan alinyemen vertikal dan horizontal jalan eksisting.

Halaman:

Editor: Andi Penowo

Sumber: setkab.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x