2021, Daop 6 Yogyakarta Zero Accident

- 20 Januari 2022, 17:13 WIB
Kereta api tengah berhenti di Stasiun Solobalapan.
Kereta api tengah berhenti di Stasiun Solobalapan. /Langgeng Widodo/

KARANGANYARNEWS-Budaya keselamatan penumpang kereta api yang digaungkan PT KAI Daop 6 Yogyakarta membuahkan hasil yang menggembirakan.

Sepanjang 2021, tidak ada kecelakaan KA di Daerah Operasi yang meliputi Solo dan Yogyakarta. "Alhamdulillah di 2021, Daop 6 merupakan Daop yang zero accident,” kata Manajer Humas KAI Daop 6, Supriyanto, dalam siaran pers, Rabu (19/1/2022).

Budaya keselamatan, lanjut dia, menjadi hal pokok yang terus disosialisasikan dan diinternalisasi agar dilaksanakan pekerja KAI di semua lini, sehingga akan membentuk sistem yang berlandaskan tindakan yang mengutamakan keselamatan.

Menurut Supriyanto, ada 5 budaya keselamatan yang harus dilaksanakan para pekerja. Yaitu, patuhi prosedur kerja, briefing sebelum bekerja, gunakan alat pelindung diri, peduli lingkungan kerja, dan lapor potensi bahaya.

"Tujuan akhir dari semua itu adalah zero accident dalam semua lini operasional kereta api, baik itu perjalanan kereta api maupun pelayanannya," kata dia.

Lebih lanjut Supriyanto mengatakan, secara sistem, semua aspek perjalanan KA mengutamakan keselamatan, mulai dari proses awal hingga akhir dan terus dipantau secara berkelanjutan.

Ia mencontohkan, sebelum kereta pertama melintas, ada petugas khusus yaitu petugas pemeriksa jalan (PPJ) yang akan memeriksa jalan kereta api dari satu stasiun ke stasiun lainnya untuk memastikan jalan kereta api yang akan dilalui kondisinya aman.

Setelah kereta beroperasi, komunikasi dan pemantauan terus dilaksanakan melalui pusat kendali. "Termasuk seluruh awak kereta api yang akan mengoperasikan perjalanan kereta api, wajib dalam kondisi sehat lahir dan mental."

Secara operasional, kata dia, ada 46 perjalanan kereta api penumpang jarak jauh di Daop 6 yang terdiri dari 16 KA jarak jauh, keberangkatan Daop 6 dan 30 KA jarak jauh yang melintas di Daop 6.

Halaman:

Editor: Langgeng Widodo


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x