Hadapi Pembelajaran Pascapandemi, Perhatikan Pesan Doktor Oktiana Ini

- 30 Januari 2022, 14:15 WIB
Webinar pembelajaran pascapandemi yang diselanggarakan Unisri Surakarta, Sabtu (29/1/2022).
Webinar pembelajaran pascapandemi yang diselanggarakan Unisri Surakarta, Sabtu (29/1/2022). /Langgeng Widodo/

KARANGANYARNEWS-Motivasi diri menjadi hal penting bagi siswa dan mahasiswa dalam menghadapi pembelajaran pascapandemi, terutama dalam Pembelajaran Tatap Muka.

Sebab, selama pandemi Covid-19 sekitar dua tahun ini, motivasi belajar siswa/mahasiswa yang lebih sering digelar secara online atau luring, turun drastis.

Hal itu dikatakan akademisi dari Universitas Slamet Riyadi Surakarta Doktor Oktiana Handini ketika menjadi pembicara dalam webinar bertajuk "Post Pandemic Learning Management : Theory and Practice”, Sabtu (29/1/2022).

Baca Juga: 10 Animasi Lucu Selamat Imlek Tahun Macan Air

Selain motivasi, kata dia, yang perlu dipersiapkan dalam pembelajaran pascapandemi adalah model hybrid learning, perpaduan antara pembelajarn online dan offline atau Pembelajaran Tatap Muka.

Menurut dia, model hybrid learning bisa dijadikan alternatif pembelajaran pasca pandemi. "Tentu saja dengan bimbingan dosen atau guru," kata Doktor Oktiana.

Webinar yang diselenggarakan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta itu juga menghadirkan akademisi dari Khon Kaen University Thailand, Asisstant Prof Niwat Srisawasdi.

Baca Juga: 50 Doa, Harapan dan Ucapan Selamat Tahun Baru Imlek 2573 Bahasa Indonesia

Dalam kesempatan itu, Niwat Srisawasdi menjelaskan, implementasi program pelatihan pengembangan guru profesional untuk meningkatkan TPACK dalam pembelajaran STEM.

Halaman:

Editor: Langgeng Widodo


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x