Endah Laras : Apresiasilah Keroncong Di Negeri Sendiri, Jangan Berteriak Setelah Diklaim Negara Lain

- 29 April 2022, 14:32 WIB
Penyanyi keroncong Endah Laras tengah memberi penjelasan, terkait pentas di event
Penyanyi keroncong Endah Laras tengah memberi penjelasan, terkait pentas di event /Langgeng Widodo/


KARANGANYARNEWS-Penyanyi keroncong dengan cengkok khas, Endah Laras langsung menyatakan oke, ketika diminta koleganya Danis Sugiyanto, untuk menjadi bintang tamu atau guest star pada event "Kumandang Keroncong Surakarta".

Pagelaran Musik Keroncong yang digelar oleh Hamkri Surakarta di Gedung Djoeang 45 Solo pada 7 Mei 2022 tersebut memberlakukan tiket masuk Rp 99.00 per orang.

"Ini bukan soal materi, ini masalah apresiasi. Kalau penonton berbayar biasanya akan menikmati sampai selesai. Beda dengan tidak berbayar, baru dua atau tiga lagu banyak yang pulang," kata Endah dalam jumpa pers, Kamis (28/4/2022).

Selama ini Solo dikenal sebagai rumah keroncong Indonesia. Menurut dia, banyak maestro keroncong yang lahir dan tinggal di kota bengawan. Seperti, Gesang, Waldjinah, dan Andjar Ani.

Lantaran sebagai rumah keroncong, jangan sampai masyarakatnya justru tidak mengapresiasi. Jangan lantas celak celuk (berteriak) setelah keroncong diklaim negara lain.

Di luar negeri, seperti di Belgia dan AS, di mana saya pernah manggung, apresiasi terhadap Musik Keroncong luar biasa, penontonnya banyak, tertib, dan berbayar," kata dia.

Endah Laras mengigatkan, Musik Keroncong itu enak dan tidak membuat ngantuk dan malas, seperti halnya cap yang selama ini. Musik Keroncong itu tidak hanya untuk orang tua, buat anak muda juga oke.

"Musik Keroncong itu fleksibel, bisa untuk mengiringi lagu-lagu modern atau kontenporer yang disukai anak muda, selain mengiringi lagu-lagu keroncong asli tradisional. Pendek kata, semua lagu bisa dikeroncongkan," kata Endah.

Wakil Ketua Himpunan Artis Musik Keroncong Indonesia (Hamkri) Surakarta Danis Sugiyanto mengatakan, Hamkri Surakarta sengaja menggandeng Endah Laras sebagai bintang tamu dalam pentas Kumandang Keroncong Surakarta karena yang bersangkutan sudah dikenal luas sebagai penyanyi keroncong.

"Kita sudah tahu reputasi Endah Laras, kita sudah tahu bagaimana komitmen dia terhadap musik keroncong," kata Danis yang juga dosen karawitan ISI Surakarta.

Halaman:

Editor: Langgeng Widodo


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x