Kasus PMK Jelang Idul Adha, Peternak Boyolali Temukan Ramuan Herbal Mujarab

- 30 Juni 2022, 22:16 WIB
Para peternak sapi di Boyolali, Jawa Tengah, berhasil menyembuhkan PMK dengan herbal ramuan mereka sendiri
Para peternak sapi di Boyolali, Jawa Tengah, berhasil menyembuhkan PMK dengan herbal ramuan mereka sendiri /Dok SMSolo/

KARANGANYARNEWS – Wabah PMK yang kian mengganas menjelang Idul Adha 2022, membuat para peternak di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah,  kian panik.

Tak hanya peternak sapi potong yang akan mereka jual sebagai hewan korban di Hari Raya Idul Andha tahun ini, para peternak sapi perah di lereng gunung Merapi Merbabu, juga mengaku dilanda kekawatiran.

Sebagai upaya penyembuhan sapi yang terpapar penyakit mulut dan kuku (PMK), juga pencegahan hewan ternak yang belum terinfeksi PMK, berbagai upaya telah dilakukan para peternak di Boyolalu.

Baca Juga: Penanganan PMK Menjelang Idul Adha, Jawa Tengah Kekurangan 6 Juta Vaksin

Tak hanya secara medis dari aparat dinas terkait, demikian juga pencegahan dan pengobatan dari dokter hewan. Para peternak, juga mengaku melakukan pencegahan dan penyembuhan PMK dengan ramuan herbal.

Sebagaimana dilakukan Aryanto, peternak di Desa Jemowo, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Boyolali. Menjelang Idul Adha 2022 ini, dia mengaku memiliki 20 ekor sapi potong.

Namun demikian, sebagaimana disampaikan kepada awak media, separoh dari sapi ternaknya terpapar PMK. Bisa dimaklumi, Aryonto pun mengaku dibuatnya stress, karena 10 ekor sapi miliknya yang terpapar PMK tidak mau makan.

Baca Juga: Karantina PMK Menjelang Idul Adha, Ganjar Pranowo: Berbasis Zona Lebih Efektif

Dia pun mengaku waktunya habis untuk mencari informasi penyembuhan ternaknya. Tak mau bergantung pada dokter hewan, Aryanto juga membeli vitamin maupun obat penurun panas di toko obat hewan.

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x