Diklaim Pertama di Indonesia, Teknologi Sunat Terbaru ini Tidak Bikin Anak Laki-laki Meringis Kesakitan

- 13 Juni 2022, 16:42 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi /Pixabay

KARANGANYARNEWS - Anda remaja tapi belum berani sunat? Takut sakit? Jangan khawatir karena saat ini sudah ada teknologi sunat yang tidak bikin sakit dan proses penyembuhannya pun sebentar.

Kelebihan dari teknologi sunat terbaru tersebut adalah hanya butuh waktu tiga menit untuk prosesnya. Teknologi ini dikatakan, juga berbeda dengan teknologi laser yang sebelumnya sudah ada di Indonesia.

Teknologi sunat terbaru yang dimaksud adalah yang baru-baru ini diperkenalkan oleh Dokter Spesialis Bedah Saraf dari Perhimpunan Dokter Spesialis Bedah Saraf, dr. Mahdian Nur Nasution, Sp.BS. Teknologi sunat tersebut, kata Mahdian, memperkenalkan teknologi sunat atau sirkumsisi dengan metode laser.

Metode sunat laser yang diklaim pertama di Indonesia ini menggunakan teknologi Optical Microwave Amplification by the Stimulated Emission of Radiation (MASER) dari Jerman.

"Teknologi ini memiliki prinsip dasar mengalirkan gelombang elektromagnetik melalui fiber optik yang diproses melalui generator sehingga memiliki efek potong yang presisi dan tanpa luka bakar," kata dr. Mahdian di Rumah Sunat dr. Mahdian, Jakarta, Senin 13 Juni 2022.

Apa bedanya dengan laser?

Lalu, apa bedanya dengan alat sunat metode laser yang sebelumnya sudah berkembang di Indonesia.

Ia menjelaskan, anggapan tentang "sunat laser" yang selama ini beredar sebetulnya tidak memakai alat laser, melainkan elektrokauter yang tidak menggunakan sinar dan berisiko. Alat ini mengeluarkan panas yang berisiko menimbulkan luka bakar, jika mengenai saraf, dampaknya dapat berbahaya karena mengganggu fungsi penis.

Ia mengatakan, teknologi laser yang dulu disebut MASER ini sebenarnya menggunakan sinar laser, menggunakan panjang gelombang tertentu, sinarnya fokus pada titik tertentu alias presisi, mengeluarkan cahaya dengan intensitas tinggi dan tidak menyebabkan luka bakar.

Halaman:

Editor: Ken Maesa Pamenang

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x