5 Perbedaan Smart TV dan Android TV yang Wajib Kamu Tahu sebelum Beli TV

- 4 April 2024, 14:05 WIB
5 perbedaan Smart TV dan Android TV yang wajib kamu tahu sebelum beli TV. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. (Foto: Pixabay/afra32)
5 perbedaan Smart TV dan Android TV yang wajib kamu tahu sebelum beli TV. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. (Foto: Pixabay/afra32) /
 
KARANGANYARNEWS – 5 Perbedaan Smart TV dan Android TV yang Wajib Kamu Tahu sebelum Beli TV. Pemerintah memberhentikan penggunaan channel televisi analog beberapa waktu lalu. Alhasil di pasaran muncul banyak merek Smart TV dan Android TV. 
 
Banyak orang masih belum begitu familier dengan kedua jenis televisi kekinian itu.
 
Tak heran jika beberapa pengguna kerap mengabaikan perbedaan Smart TV dan Android TV sehingga mereka terkadang merasa salah membeli televisi.
 
 
Smart TV dan Android TV memang cukup sulit dibedakan, apalagi dengan beberapa aspek yang sama.
 
Berikut ini perbedaan yang patut diketahui ketika ingin membeli merek televisi. Yuk simak! 
 
1. Sistem operasi dan aplikasi 
 
Android TV memiliki konektivitas internet serta memberikan akses ke banyak konten dan aplikasi yang tersedia di Google.
 
Perangkat ini juga menawarkan fasilitas bawaan seperti Google Assistant dan Chromecast. 
 
 
Sementara Smart TV memiliki sistem operasi berbeda, bergantung dari mereknya, seperti Tizen, webOS, atau tvOS.
 
2. Pembaruan sistem operasi dan aplikasi 
 
Android TV melakukan pembaruan sistem secara otomatis, sedangkan Smart TV cukup sulit dalam melakukan pembaruan sistem ini. 
 
3. Voice assistant 
 
Seperti telah disebutkan di atas, Android TV memiliki satu fitur sangat diunggulkan dalam tipe televisi digital, yakni Google Voice Assistant. Fitur ini memungkinkan pengguna mengontrol televisi melalui suaranya. 
 
 
Sementara Smart TV apabila ingin menggunakan fitur asisten seperti ini perlu menggunakan perangkat Voice Assistant khusus, seperti Alexa. 
 
4. Pencerminan dan transmisi layar 
 
Android TV menggunakan sistem operasi yang sama dengan smartphone, sehingga memudahkan pengguna menyambungkan gambar layar smartphone ke Android TV dengan cepat.
 
Hal ini tidak dapat dijangkau Smart TV. Apabila ingin menyambungkan layar smartphone ke Smart TV memerlukan beberapa perangkat tambahan. 
 
 
5. Bermain gim 
 
Smart TV saat ini menawarkan kemampuan bermain gim melalui toko aplikasi.
 
Sementara Android TV lebih unggul dalam hal pemilihan permainan gim yang akan dimainkan karena dukungan dan pembaruan dari aplikasi Google. 
 
Itulah beberapa perbedaan Smart TV dan Android TV yang cukup signifikan. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, jadi mau beli yang mana nih? ***

Editor: Andi Penowo

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah