6 Tradisi Unik Masyarakat Indonesia saat Puasa Ramadan, Ada Buber hingga Takbiran

- 3 April 2024, 18:05 WIB
6 tradisi unik masyarakat Indonesia saat puasa Ramadan, ada buber hingga takbiran. Masyarakat Indonesia menyemarakkan bulan suci ini dengan beragam tradisi dan budaya khas.
6 tradisi unik masyarakat Indonesia saat puasa Ramadan, ada buber hingga takbiran. Masyarakat Indonesia menyemarakkan bulan suci ini dengan beragam tradisi dan budaya khas. /

KARANGANYARNEWS - 6 Tradisi Unik Masyarakat Indonesia saat Puasa Ramadan, Ada Buber hingga Takbiran. Setiap tahun saat Ramadan tiba, masyarakat Indonesia menyemarakkan bulan suci ini dengan beragam tradisi dan budaya khas.

Ya, Ramadan di Tanah Air bukan hanya soal ibadah puasa semata, namun juga tentang kebersamaan, toleransi, dan kekayaan budaya yang diwariskan dari generasi ke generasi.

Inilah beberapa aspek budaya Indonesia yang terasa begitu istimewa selama Bulan Ramadan, disarikan dari berbagai sumber.

Baca Juga: Prawira Bandung Siap Berlaga di Kualifikasi BCL Asia 2024, Ini Daftar Pemainnya

  1. Tradisi berbuka puasa bersama (Buber)

Salah satu pemandangan paling umum di Indonesia selama Bulan Ramadan adalah keramaian di tempat-tempat makan yang menyediakan menu berbuka puasa.

Di warung-warung pinggir jalan hingga restoran mewah, banyak orang berkumpul bersama keluarga, teman, dan tetangga untuk menikmati hidangan lezat bersama saat berbuka puasa.

  1. Kemeriahan pasar Ramadan

Pasar-pasar Ramadan menjadi magnet bagi masyarakat Indonesia untuk berbelanja kebutuhan selama bulan puasa.

Baca Juga: Sidang Isbat Awal Syawal 1445 H Digelar 9 April 2024, Kemenag Terjunkan Tim ke 120 Lokasi

Di sini kita akan menemukan beragam makanan khas Ramadan, seperti gorengan, es pisang ijo, kolak, sate, dan berbagai kue tradisional.

Halaman:

Editor: Andi Penowo

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x