5 Tips Sederhana Menjaga Kesehatan Tubuh saat Puasa Ramadan

- 20 Maret 2024, 16:51 WIB
5 tips sederhana menjaga kesehatan tubuh saat puasa ramadan agar kondisi tubuh senantiasa berada dalam kondisi fit dan siap untuk menjalani ibadah dan aktivitas. (Foto: Pixabay/Servetphotograph)
5 tips sederhana menjaga kesehatan tubuh saat puasa ramadan agar kondisi tubuh senantiasa berada dalam kondisi fit dan siap untuk menjalani ibadah dan aktivitas. (Foto: Pixabay/Servetphotograph) /

KARANGANYARNEWS - 5 Tips Sederhana Menjaga Kesehatan Tubuh saat Puasa Ramadan. Selama Bulan Ramadan tentunya seluruh umat Muslim diwajibkan untuk berpuasa menahan lapar dan dahaga selama lebih dari 13  jam. Praktis, hal ini akan memengaruhi kondisi tubuh, seperti dehidrasi dan juga kekurangan vitamin.

Selain itu, aktivitas meningkatkan ibadah dan bangun di pertengahan malam untuk menyiapkan makan sahur membuat pola tidur menjadi tidak teratur.

Tak jarang kondisi seperti ini akan menyebabkan terganggunya kesehatan tubuh.

Karenanya, panduan atau tips menjaga kesehatan tubuh selama Bulan Ramadan menjadi penting untuk dipahami dan diterapkan dengan baik agar terhindar dari penyakit serta tetap bersemangat saat beraktivitas.

Baca Juga: Banjir Demak, Bupati Tetapkan Status Tanggap Darurat 14 Hari

Berikut beberapa tips menjaga kesehatan selama Bulan Ramadan agar kondisi tubuh senantiasa berada dalam kondisi fit dan siap untuk menjalani ibadah dan aktivitas, dirangkum dari berbagai sumber.

  1. Pola makan sahur yang sehat

Sahur sangat penting untuk menjaga stamina tubuh selama menjalankan ibadah puasa dan aktivitas seharian, terlebih ketika di siang hari.

Untuk itu, perbanyak konsumsi makanan tinggi serat seperti buah dan sayur. Hindari makanan kaya minyak karena akan menyumbat pembuluh darah dan menyebabkan kantuk di siang hari serta memicu dehidrasi.

Baca Juga: Terciduk Mau Perang Sarung, Gerombolan Remaja Digaruk Polisi

Halaman:

Editor: Andi Penowo

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah