5 Masjid Indah nan Instagrammable di Solo yang Cocok buat Wisata Religi Ramadan

- 4 April 2023, 11:08 WIB
5 masjid indah nan Instagrammable di Solo yang cocok buat wisata religi Ramadan. Salah satunya Masjid Raya Sheikh Zayed hadiah dari Pangeran Uni Emirat Arab, Sheikh Muhammad Zayed Al Nahyan untuk Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).
5 masjid indah nan Instagrammable di Solo yang cocok buat wisata religi Ramadan. Salah satunya Masjid Raya Sheikh Zayed hadiah dari Pangeran Uni Emirat Arab, Sheikh Muhammad Zayed Al Nahyan untuk Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). /

KARANGANYARNEWS - 5 Masjid Indah nan Instagrammable di Solo yang Cocok buat Wisata Religi Ramadan. Solo tidak hanya terkenal dengan kuliner dan budaya tradisionalnya yang kental saja. Kota ini juga memiliki sejuta keindahan lainnya. Salah satunya adalah dari sisi agama. Banyak masjid di Solo memiliki desain cantik dengan keunikan sejarah dan budaya, serta arsitektur mengagumkan untuk wisata religi.

Jadi, selain keindahan dan keunikan masjid, kamu juga bisa mengenal sejarah dan budaya masjid.

Berikut lima masjid di Kota Solo dengan arsitektur indah dan nilai sejarah tinggi, dirangkum dari berbagai sumber:  

Baca Juga: Berusia Ratusan Tahun, Masjid Kuno di Boyolali Ini Jadi Tempat Bertapa Sunan Kalijaga?

  1. Masjid Agung Surakarta

Masjid bersejarah dan terindah di Kota Solo salah satunya adalah Masjid Agung Surakarta. Sunan Pakubuwono menjadi sosok di balik pembangunan masjid megah ini.

Pembangunan dimulai pada 1763 dan berakhir pada 1768. Sejarah berdirinya Masjid Agung Surakarta dapat dilihat pada prasasti di dinding luar.

Pada awal era sebelum kemerdekaan, Masjid Agung Surakarta berfungsi sebagai tempat penyebaran agama Islam.

Masjid berlokasi di Kauman, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo ini juga kerap digunakan untuk acara keagamaan warga keraton, mulai dari Sekaten Maulid Nabi hingga Grebeg.

Halaman:

Editor: Andi Penowo

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x