Doa Buka Puasa Ramadan yang Benar sesuai Sunnah, Bukan Allahumma Laka Shumtu

- 18 Maret 2024, 23:03 WIB
Doa buka puasa Ramadan yang benar sesuai sunnah, bukan allahumma laka shumtu. Masih banyak orang belum tahu lafaz doa berbuka puasa yang benar sesuai sunnah. (Foto ilustrasi: Pixabay/Chiplanay)
Doa buka puasa Ramadan yang benar sesuai sunnah, bukan allahumma laka shumtu. Masih banyak orang belum tahu lafaz doa berbuka puasa yang benar sesuai sunnah. (Foto ilustrasi: Pixabay/Chiplanay) /

KARANGANYARNEWS Doa Buka Puasa Ramadan yang Benar sesuai Sunnah, Bukan Allahumma Laka Shumtu. Tak terasa saat ini kita sudah memasuki Bulan Ramadan lagi. Itu artinya seluruh umat Muslim di dunia wajib menunaikan ibadah puasa.

Antusias masyarakat menyambut Ramadan pun sudah terasa jauh-jauh hari. Banyak di antara umat Islam melakukan persiapan dengan berbelanja kebutuhan pokok atau pun berziarah ke makam keluarga yang telah tiada.

Namun, di balik antusiasme menyambut datangnya Ramadan, masih saja ada yang belum tahu lafaz doa berbuka puasa yang benar sesuai sunnah.

Baca Juga: Daftar Harga Promo TIket Kereta Api Lebaran 2024, Kelas Eksekutif Mulai Rp75.000

Salah satu doa buka puasa paling populer dan telah kita ketahu sejak masa kanak-kanak adalah:

اللَّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ

Allahumma laka shumtu wa ‘ala rizqika afthortu (Ya Allah, kepada-Mu aku berpuasa dan kepada-Mu aku berbuka)”

Mengutip sebuah sumber, riwayat tersebut dikeluarkan Abu Daud dalam sunannya nomor 2358 dari Mu’adz bin Zuhroh.

Mu’adz adalah seorang tabi’in sehingga hadits ini mursal (di atas tabi’in terputus). Hadits mursal merupakan hadits dhoif karena sanadnya terputus.

Halaman:

Editor: Andi Penowo

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah