Bank Indonesia Luncurkan QR Antarnegara

- 17 Agustus 2021, 15:31 WIB
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo memberi penjelasan secara virtual tentang QR antarnegara yang diluncurkan, Selasa (17/8/2021).
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo memberi penjelasan secara virtual tentang QR antarnegara yang diluncurkan, Selasa (17/8/2021). /Langgeng Widodo/

KARANGANYARNEWS-Bank Indonesia meluncurkan Quick Response atau QR antarnegara dengan menggandeng Bank of Thailand. QR lintas batas itu untuk mempermudah transaksi nontunai kedua negara.

Dengan QR lintas batas itu, kata Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, konsumen dan pedagang kedua negara dapat melakukan pembayaran melalui QR lintas batas instan untuk barang dan jasa.

"Saya berterima kasih kepada Bank Sentral Thailand karena bersama sama mewujudkan mimpi yang terus kita lakukan untuk menyambungkan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) dengan QR Thailand Standard untuk memajukan ekonomi bersama-sama," kata Perry Warjiyo dalam peluncuran praresmi QRIS antarnegara secara daring di Jakarta, Selasa (17/8/2021).

Dikatakan, koneksi itu merupakan yang pertama yang menghubungkan operator sistem pembayaran ritel di kedua negara. Sehingga hal itu menandai tonggak penting dalam inisiatif konektivitas pembayaran ASEAN, yang bertujuan untuk mempromosikan integrasi keuangan di kawasan.

Menurut Perry, peluncuran praresmi QR antarnegara menjadi salah satu momen bersejarah perekonomian Indonesia. "Kalau kita tidak bisa sendiri maka mari bersinergi, perkuat terus persatuan dan kesatuan, saling membantu untuk kemajuan negeri," tandasnya.

Meski masih dalam fase praresmi, pihaknya berharap akan lebih banyak bank/non-bank yang berpartisipasi, sambil berproses ke fase komersial penuh QR lintas batas yang akan diluncurkan pada triwulan pertama tahun 2022.

"Yang akan datang, layanan akan diperluas untuk memungkinkan para pengguna di kedua negara melakukan transfer dana secara real-time dengan mudah, hanya dengan merujuk nomor ponsel penerima."

Editor: Langgeng Widodo


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah